Monday, July 12, 2021

Cara berbagi File tanpa harus colok flasdisk dan tanpa internet.

Sering kali kita butuh men-transfer file dari satu laptop ke laptop lainnya, atau PC ke PC lainnya, dan kita membutuhkan flashdisk untuk memindahkan datanya. namun pasti terbayang bayang di benak sobat semuanya adanya virus yang mengancam jika flasdisk di colak colok kesana kemari. Maraknya ransomware juga salah satunya , karena akan men-encript data penting kita dan mereka kita membayar agar dapat dibuka kembali file yang terkuci, tentunya hal ini sangat mengerikan apalagi bagi orang yang belum terlalu paham akan bahasa dan cara mengatasi serangan tersebut,

nah, kali ini saya akan berbagi informasi penting untuk sobat sekalian bagaimana cara mentrasfer data secara cepat dan aman tanpa kita harus colak colok flasdisk.

Sumber : https://img.freepik.com

Oke , perkembangan zaman banyak sekali aplikasi transfer file yang berkembang seperti SHAREIT dan lainnya, tentunya mereka hadir dengan segala kekurangannya.. asekk.

Ada cara yang bagus untuk transfer data , yaitu dengan transfer menggunakan jaringan. dari sobat bertanya tanya "kan di judul bilang tanpa internet, kok ini dengan jaringan ?", tenang, keep calm dulu disini menggunakan jaringan meski tanpa KONEKSI INTERNET. Penasaran ?

Yuk, intip caranya .

1. Menggunakan jaringan LAN


Sumber : https://ciperx.com

2. Menggunakan jaringan wifi.



Sumber : https://2.bp.blogspot.com

Ingat semua bisa dilakukan meski tanpa internet ya. heee

kita mulai dari LAN dulu, koneksi jaringan LAN tentunya sobat harus memiliki kabel LAN dan konektor RJ45, atau dapat membeli yang sudah jadi pada toko toko komputer terdekat dari sobat sekalian. Cara ini sangat cocok untuk PC yang biasanya ada di perkantoran dan komputer tersebut berada dalam tempat yang permanent, artinya tidak akan dipindah pindah lagi. kalau menggunakan Laptop maka akan ribet juga, karena harus bawa bawa kabel kemana mana .. heee

jadi untuk kabel LAN nanti saya buatkan tutor khususnya dari pembuatan setting sampai dapat digunakan, nah dari itu kita lanjut pada menggunakan jaringan WIFI.

Jaringan wifi, atau jaringan tanpa kabel ini sudah ada di mana mana , dirumah-rumah , kantor, tempat umum, warung makan, warnet bahkan sawahpun sudah ada wifinya.. hee , jadi sobat lebih mudah menemukannya meski tak memilikinya .. asekk.

 Oke, kembali ke laptop..

Nah, sekarang sambungkan ke wifi yang terdeteksi di laptop sobat sekalian, lalu masukan password sampai dia terkoneksi, lagi lagi saya ingatkan ini bisa meski tanpa koneksi internet ya. budayakan bertanya jika sobat tidak tau password wifinya kepada pemilik wifi, jangan di bobol atau di ambil secara paksa, karena memaksa itu bukan cinta,, aseekk

Oke fokus ke laptop..

setelah tersambung sobat klik logo WIFI yang ada di taskbar sobat, biasanya berada di sebelah kanan bawah seperti gambar dibawah :


Pastikan wifi anda CONNECTED meski tanpa internet.
setelah itu klik properties pada wifi yang terkoneksi akan dibawa ke profil wifi.
Di scroll kebawah sampai anda dapat menemukan IP4 address : nah catat angka angka itu contoh : 192.168.1.1 , nah periksa juga di laptop yang ingin ditransfer atau mentransfer filenya.
contohnya Si A IP4nya : 192.168.1.1 Si B IP4nya : 192.168.1.2 , jadi kalian harus saling tau , saling mengenal hingga saling mencintai.. eitsss..

Fokus fokus..

setelah tau alamatnya si dia (IP4 teman sobat), sekarang setting sharingnya.
oke caranya klik lagi logo wifi tadi lalu dibagian bawah ada Network & Interner setting.


Scroll kekbawah sampai dapat Network and sharing center.

akan muncul seperti gambar diatas, dan klik change advance sharing setting.


akan tampil seperti di atas, maka klik klik tanda panah kebawah masih masing TAB.


pada bagian private dipilih yang dilingkar merah, kemudian cek lagi di Guest Public

oke yang ini di pilih yang lingkar merah juga


dipilih juga yang lingkaran merah, yang bagian terakhir matikan Password protctionnya.
langsung save changes.

Catatan : implementasikan setting hal yang sama pada komputer teman sobat.

terus bagaimana caranya akses filenya ?

Oke sekarang akses folder di komputer sobat, atau tekan Windows+E.



maka akan tampil seperti di atas. lalu arahkan kursor pada kolom status akses folder seperti gambar di bawah.


nah disana ketikan seperti ini : \\192.168.1.2 ingat bukan garis miring ya, kebanyakan gagal karena menggunakan garis miring seperti ini //192.168.1.2 nah itu salah.

Jadi yang bener \\192.168.1.2 + Tekan Enter, taraaaa lihat ada file teman sobat disitu .. nah alamat ini adalah alamat teman sobat yang tadi sudah di cek sebelumnya.

kalau teman sobat ingin menagkses file di laptop sobat jadinya seperti ini \\192.168.1.1  + Tekan Enter, Yang mana alamat IP tersebut adalah alamat IP sobat sekalian.

Tidak semua folder dapat di share tentunya sistem akan minta perizinan dari usernya terlebih dahulu.

Jadi kesimpulannya : Sobat dan teman sobat harus berada pada 1 jaringan yang sama , koneksi yang sama agar dapat berbagi file satu sama lain dengan aman dan nyaman.
Dipertegas jaringan wifi tidak harus terkoneksi interner jadi NON INTERNETpun jadi.

Demikian semoga bermanfaat ..

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: