Monday, November 28, 2022

Materi Pelatihan Chrome Book dan Google Workspace For Education (GWE) - SMP Cendekia Ambon

 Berikut daftar materi pelatihan Chromebook dan Google Workspace For Education.


MATERI PERALATAN

1. Instalasi , Konfigurasi dan Eksplorasi Chromebook



LIHAT MATERI

2. Perawatan dan Trouble Shooting 




MATERI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION (GWE)

1. Pemanfaatan Google Email (GMAIL)



2. Pemanfaatan Google Drive (GDRIVE)

3. Pemanfaatan Google Classroom




4. Pemanfaatan Google Docs




5. Pemanfaatan Google Form.




6. Pemanfaatan Google Sheets




7. Pemanfaatan Google Slides



8. Pemanfaatan Google Meet

9. Pemanfaatan Google Slides




Materi Belajar ID






Setting / Pengaturan Router




Semua materi diatas saya dapatkan saat pelatihan BIMTEK TIK yang diadakan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama yang berlangsung 3 hari (21 - 23 November 2022) Hotel Santika - Kota Ambon


Dokumentasi Hari Pertama
Selasa, 29 November 2022
Penyampaian materi peralatan 1 dan 2










Hasil dari pertemuan pertama yakni mengetahui cara instalasi chromebook seperti cara menghidupkan, cara mencharger / mengisi daya , cara menghidupkan dan menggunakan chromebook sesuai dengan prosedur kesalamatan perangkat dan pengguna.

Dilanjutkan dengan konfigurasi chromebook , para peserta dapat mengetahui cara masuk atau login dengan akun belajar peserta masing masing sehingga chromebook dapat digunakan. Peserta juga dapat mengetahui cara menghubungkan perangkat dengan jaringan (Wifi) serta mengetahui berbagai menu menu dan pengaturan yang tersedia serta bagaimana cara mengkoneksikan chromebook dengan proyektor.

Peserta juga sudah mengetahui tentang cara yang baik menggunakan proyektor sehingga proyektor dapat berfungsi dan juga tidak gampang rusak.

Pada pagian eksplorasi peserta dapat mengetahui lebih dalam lagi dari chromebook seperti menambah ekstensi , mengulas singkat tentang penggunakan Google Workspace seperti Google Email (Gmail), Google document , Google Slides dan lainnya. Pada pertemuan pertama ini belum dibahas secara detail tentang pemanfaatan GWE. 


Dokumentasi Hari Ke - 2
Rabu, 30 November 2022


Pada pertemuan kedua ini diawali dengan peserta mepraktekan cara menghubunngkan perangkat (Chromebook) dengan proyektor yang dalam hal ini dipraktekan oleh Bpk. Labarisi Buton beliau merupakan seorang guru Bimbingan Konseling.

Dilanjutkan dengan pemanfaatan Google Email (Gmail). Pada bagian ini peserta dapat mengetahui cara mengelola dan menggunakan Gmail sehingga dapat digunakan dengan baik. Peserta mengetahui cara mengirim email, melakukan pengaturan pada Gmail seperti mengubah tema untuk tampilan yang lebih menarik, membuat label, membuat kategori, membuat tanda tangan dan lainnya.

Peserta sangat senang pada sesi ini, yang awalnya tidak pernah melihat email karena kotak masuk yang tertumpuk dan tampilan yang tida menarik namun sekarang sudah senang dapat menggunakan dan memanfaatkan email dengan baik.

Dilanjutkan dengan pemanfaatan Google Drive, pada sesi ini peserta dapat mengetahui dan mempraktekan pemanfaatan google drive seperti membuat folder, mengupload file bergi file dan lainnya. Peserta dapat merapikan folder folder termasuk kedalam sub sub folder sehingga file dapat tertata dengan baik.

Pada sesi ini peserta langsung dipraktekan share atau berbagi file dalam google drive. 

Bukti Praktek : LIHAT BUKTI PRAKTEK

Note : Pada saat prakter Shared dengan hak akses peserta sebagai Editor, Hak akses Editor telah dirubah ke Viewer.

Dokumentasi Hari ke 3
Kamis, 01 Desember 2022

Google Docs & Google Slides










Pada hari ke 3 ini materi yang dibahas adalah pemanfaatan Google Docs dan Google Slides. Peserta dapat mengetahui pemanfaatan google docs mulai dari mengatur kertas, mencetak dokumen, memanfaatkan fitur yang ada pada google docs tersebut seperti Voice Typing (Menulis dengan suara), melakukan translate dokumen, Dictionary , memasukan catatan kaki dan lainnya. pada sesi ini peserta sangat senang karena adanya fitur share yang mana para guru dapat bekerja sama tanpa harus bertukar file.

Bukti Praktek Google Docs: LIHAT BUKTI PRAKTEK

Note : Pada saat praktek google docs, hak akses peserta sebagai Editor , sehingga peserta dapat mengedit dokumen bersama sama.

Pada sesi ini juga peserta mempelajari pemanfaatan Google Slides (membuat slide persentasi). peserta mepraktekan membuat slide persentasi menggunakan Google Slides dan peserta juga bekerja sama membuat slides dengan slides yang di share.

Bukti Praktek Google Slides: LIHAT BUKTI PRAKTEK

Note : Pada saat praktek google slides, hak akses peserta sebagai Editor , sehingga peserta dapat mengedit slide bersama sama.

Praktek yang lainnya peserta mempraktekan secara langsung cara mencetak dokumen google docs dan google slides yang dalam hal ini di praktekan oleh Bpk. Dimas Usemahu beliau adalah guru bahasa inggris yang juga merasa sangat senang karena sudah mempelajari google docs ini. Beliau mencoba fitur translate document , digtionary dan spelling and grammar yang mana fitur tersebut akan sangat membantu beliau dapat menyampaikan pelajaran kepada siswa.

Praktek akan dilanjutkan pada hari ke - 4 yang akan berlangsung pada hari sabtu, 03 Desember 2022.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

1 comment:

  1. The Best
    Sukses Pak Yadi,.
    Terus Bergerak, Berbagi dan Berkolaborasi.
    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete