Sunday, August 28, 2022

10 tips merawat proyektor agar awet tidak gampang rusak

Guna mendukung proses pendidikan di sekolah, terkadang kita membutuhkan fasilitas yang baik, terlebih di bidang teknologi. Dengan terpenuhinya fasilitas tersebut, hasil yang diharapkan merupakan bisa membuat proses pendidikan jadi terus menjadi efektif, efisien, dan dapat tingkatkan kualitas pembelajaran di satuan pembelajaran.




Umumnya, proyektor bisa dimanfaatkan buat bermacam perihal serta aktivitas di area sekolah. Guru bisa mengenakan proyektor buat melaksanakan presentasi modul yang hendak diajarkan kepada partisipan didik. Tidak hanya itu, proyektor pula bisa digunakan oleh para guru maupun orang tua murid buat menggelar rapat.

Nah, supaya proyektor dapat terus dipakai buat kegiatan- kegiatan berguna di sekolah, pastinya diperlukan perawatan yang telaten. Perawatan proyektor sangat berarti buat dicoba sebab bisa berakibat langsung pada kinerja bagian dalam proyektor tersebut. Proyektor mempunyai sebagian ratus watt lampu serta sirkuit yang lingkungan buat menyaring listrik sehingga bisa membuat lebih rentan terhadap permasalahan. Perawatan dicoba buat meminimalkan kasus yang terjalin dan menaikkan masa gunakan yang lebih lama.

Terdapat sebagian tip serta trik yang dapat dicoba dalam menjaga proyektor. Ayo disimak!

1. Bilas atau bersihkan secara rutin




Awal, bilas proyektor secara teratur serta tertib dengan memakai kain lembap, jangan memakai cairan pembersih ataupun pembersih aerosol. Saat sebelum mensterilkan, cabut terlebih dahulu seluruh kabel yang tersambung ke proyektor.

2. Pakai kain lembut dikala mensterilkan lensa




Bila mensterilkan lensa, jauhi memakai bahan- bahan yang agresif serta kotor sebab bisa menggores lensa proyektor. Bilas lensa dengan memakai kain yang lembut secara teratur serta tertib.

3. Bilas filter hawa sesering mungkin

Upayakan mensterilkan filter hawa pada proyektor dari debu ataupun kotoran sesering bisa jadi guna menjauhi temperatur hawa di dalam naik serta menimbulkan kehancuran slot filter ataupun ventilasi.

4. Jauhi meletakkan barang di dekat proyektor

Salah satu kesalahan universal yang menimbulkan proyektor kilat rusak merupakan proyektor terhalang suatu barang ataupun apa juga kala lagi beroperasi. Hingga dari itu, jangan membatasi proyektor dengan barang apa juga dikala lagi digunakan sebab bisa menimbulkan aliran hawa panas pada proyektor terhalang. Tidak hanya itu, objek yang membatasi pula jadi kilat panas sehingga berpotensi memunculkan kebakaran.

5. Jangan matikan secara tiba- tiba




Kala hendak mematikan proyektor sehabis berakhir digunakan, jangan langsung mematikan energi utama ataupun mencabut kabel dikala masih beroperasi. Metode terbaik merupakan menunggu kipas menyudahi saat sebelum mematikan energi utama. Pada dikala hendak mematikan proyektor, yakinkan proyektor menuntaskan siklus pendinginannya saat sebelum memutuskan energi.


Berikut 5 cara merawat proyektor dari segi cara atau metode penggunaannya.

Mimin lanjutkan penormorannya ya biar 10 .. heee mari kita mulai dengan :

1. Metode Menjaga Proyektor# Metode Menghidupkan

Langkah yang nyaman buat menghidupkan LCD proyektor ialah saat sebelum kabel power LCD disambungkan ke arus listrik ataupun saklar listrik, wajib dicermati terlebih dulu apakah kabel power serta kabel VGA/ RGB telah terhubung ataupun belum.

Jika kabel belum terhubung, sambungkan terlebih dulu kabel power serta VGA/ RGB nya, baru kabel power LCD. Serta buat mengawali menghidupkan LCD proyektor, lebih baik pakai remote control buat memudahkan dalam penggunaanya.

Cara menghidupkan ini terkesan sangat mudah namun jika kita salah bisa saja berakibat fatal pada kondisi proyektor yang kita gunakan.

2. Metode Menjaga Proyektor# Metode Penggunaan

Waktu memakai LCD proyektor, wajib mencermati serta menghindari hal- hal yang membuat usia proyektor itu sendiri menurun. Kala meletakkan LCD proyektor, jangan di dekat sumber panas ataupun semacam terserang cahaya matahari langsung. Sebab panas dari cahaya matahari hendak menaikkan temperatur panas pada proyektor meningkat, serta dapat mengganggu komponen LCD proyektor.

Buat menjauhi perihal ini, letakkan proyektor di tempat yang tidak terserang sumber panas. Sebaliknya pada dikala LCD proyektor beroperasi, jauhi mengangkut serta memindahkan proyektor, sebab bola lampu pada proyektor sangat sensitif dengan getaran. Akibat yang dapat terjalin apabila Kamu melaksanakannya ialah lampu proyektor dapat putus seketika. Semacam yang sudah banyak orang tahu kalau harga lampu proyektor di bermacam toko online lumayan mahal. Bila itu terjalin, langsung cabut kabel power biar tidak mengganggu motherboard LCD. Serta pula pada dikala LCD proyektor beroperasi, perhatikan kipas proyektor tidak terhalang, sehingga sistem pembuangan hawa panas dapat berjalan dengan baik.

3. Metode Menjaga Proyektor# Metode Mematikan

Buat mematikan LCD proyektor, lebih baik pakai remote control buat mematikannya, serta jangan langsung mencabut kabel power, sebab itu hendak mengganggu fitur ini. Bila telah memencet tombol power, tunggu hingga kipas pendingan telah mati, serta kabel power dapat langsung dicabut.

Seperti halnya menghidupkan , mematikan proyektor terkesan sangat mudah namun ada prosedur yang harus kita perhatikan agar proyektor tidak mengalami kerusakan.

4 .Metode Menjaga Proyektor# Metode Pemeliharaan

Selaku pemeliharaan, pada dikala pemakaian lebih baik jangan dioperasikan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Pakai LCD proyektor dengan waktu yang lumayan. Tetapi apabila memanglah wajib digunakan buat waktu yang lama, istirahatkan sejenak fitur ini buat menjauhi panasnya lampu proyektor. Serta buat filter proyektor sendiri, bilas secara berkala minimun 2 hingga 3 pekan sekali, buat menjauhi overheating sebab terhalangnya debu pada kipas proyektor.

5. Metode Menjaga Proyektor# Penyimpanan



Panduan yang terakhir, simpanlan LCD proyektor pada tempat yang nyaman. Jangan terserang panas ataupun basah. Buat penyimpanan LCD proyektor pada dikala dibawa- bawa, lebih baik pakai tas yang telah dilengkapi dengan peredam goncangan ataupun getaran. Umumnya tas ini telah tercantum ke dalam paket pembelian.

Yang paling lagi yakni menyimpan ditempat yang aman dan terkunci sehingga proyektor aman dari pencurian. proyektor memiliki bentuk yang tidak terlalu besar bisa saja gampang dibawa kemana mana , hal tersebut juga memudahkan orang yang tidak bertanggung jawab mengambil atau mencurinya dengan sangat mudah.

Jadi, seperti itu tadi sebagian tip serta trik menjaga proyektor biar senantiasa awet supaya dapat digunakan dalam jangka panjang. Intinya, rutinlah dalam mensterilkan proyektor serta jangan melaksanakan hal- hal ceroboh yang dapat memperpendek usia proyektor. Ayo jaga serta rawat dengan baik yaa! 


Sumber : 

1. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/5-tip-dan-trik-merawat-proyektor-supaya-awet-dan-tahan-lama/

2. https://www.soklik.com/5-cara-merawat-proyektor-yang-baik-dan-benar/

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: