Friday, July 30, 2021

Cara membuat room zoom otomatis mengulang atau repeat , cukup 1 link bisa pakai tiap hari.

Zoom adalah salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan pada sekolah sekolah. Karena di masa pandemi tidak bisa melakukan proses belajar mengajar secara langsung atau tatap muka. Semua demi memutus mata rantai penyebaran covid 19.


Semua sekolah berusaha untuk tetap memberikan fasilitas pembelajaran yang terbaik , demi mencerdaskan siswa siswinya. Banyak media pembelajaran yang dilakukan oleh berbagai sekolah salah satunya dengan melakukan video streaming dengan zoom.

Lantas bagaimana membuat schedul atau jadwal meeting ?
Sobat bisa lihat disini untuk cara membuat room meeting.

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat schedul atau jadwal meeting otomatis setiap hari ada roomnya. Jadi sobat tidak perlu lagi membuat schedul atau membuat room meeting tiap hari , yakni cukup 1 kali maka secara otomatis akan di repeat atau di ulang.

Bagaimanakah caranya ?

Yuk kita simak bersama :

1. Masuk zoom
sobat harus masuk dulu untuk membuat schedul atau jadwal meeting , tanpa masuk akun sobat tidak bisa membuat room meeting namun tetap bisa join meeting.

Next setelah masuk akan tampil seperti gambar di bawah ini :

A. Lingkar hijau digunakan untuk membuat meeting secara langsung, jadi jika sobat ingin langsung mengadakan meeting pada waktu yang sama tidak perlu membuat schedul atau jadwal lagi, langsung saja tekan New Meeting.

B. Lingkar Orange digunakan untuk bergabung atau join pada meeting yang telah dibuat orang lain, setelah tombol itu di tekan maka sobat di minta memasukan meeting ID dan passcode atau password masuk room (jika room menggunakan password )

C. Lingkar Biru digunakan untuk share screen atau berbagi layar saat kita sedang dalam room zoom, jika sobat adalah sebagai host maka langsung bisa menggunakan share screen ini , jika bukan sebagai host atau sebagai participant biasa sobat harus meminta di berikan izin terlebih dahulu kepada host meeting.

D. Lingkar kuning digunakan untuk membuat schedul atau jadwal meeting , nah tombol inilah yang akan kita gunakan untuk belajar bagaimana membuat room meeting zoom otomatis.

Next lanjut caranya , setelah klik menu Schedule maka akan tampil seperti dibawah ini :

Pertama isilah topic room meeting yang akan dibuat, selanjutnya atur tanggal yang akan digunakan , selanjutnya memilih waktu mulai dan waktu berakhir , jika akun sobat basic maka hanya 40 menit yang zoom berikan secara gratis , jika akun sobat pro atau bertanda lisenced sobat dapat membuat zoom meeting sampai 24jam. Namun itu tidak mungkin juga .. heee 

Lanjut setelah isi tanggal dan waktu pilih pada menu Repeat pada posisi awal menu tersebut akan berisi Never yang artinya tidak pernah.

Jadi jika terpilih Never maka sobat setiap hari harus membuat meeting baru lagi. 

Next untuk membuatnya otomatis membuat setiap hari klik menu itu maka akan tampil dialog box seperti gambar dibawah ini :

Jika sobat ingin setiap hari maka sobat pilih Every Day , jika ingin perminggu maka pilih every week dan seterusnya sobat bisa sesuaikan dengan kebutuhan sobat.

Perlu diingat bahwa sobat harus memastikan tau tanggal kadaluarsa atau batas pemakaian jika sobat memiliki akun Pro.

Selanjutnya saya akan pilih every day karena meeting zoom ini saya akan gunakan setiap hari.
Nah setelah saya pilih every day maka akan seperti dibawah ini :

Dapat dilihat pada lingkar merah sudah terpilih Daily yang awalnya adalah never menjadi daily atau setiap hari. Perhatikan pula pada lingkar hijau yaitu menu end repeat atau akhir dari pengulangan, nah disinilah pentingnya sobat tau masa aktif akun sobat agar zoom tidak membuat room lagi setelah expired sehingga tidak ada tagihan berlanjut (jika ingin menyetop atau berhenti berlangganan di zoom), ketika end repeat di tekan maka akan muncul seperti di bawah :

Untuk menentukan akhir dari repeat sobat tekan saja tanggal di atas dan tekan ok,  maka repeat atau pengulangan tidak akan dilakukan lagi jika sudah pada akhir pengulangan, namun jika tidak ada akhir maka sobat tekan saja Repeat Forever atau akan diulang selamanya sampai kita menghentikannya.

Nah setelah itu sisanya adalah mengatur setingan tambahan atau setingan lanjutan di bawahnya seperti dibawah ini :

Oh iya ini juga penting sobat harus mencostume password untuk room repeat agar mudah di ingat atau mudah dimasukan oleh participant contoh seperti di atas saya mengubah passwordnya ROOM1. Bayangkan jika tidak dirubah maka akan menggunakan 6 digit angka yang disediakan zoom , jika ada 5 room tamatlah riwayatnya heeee..jadi saya sarankan ganti password dulu ya.

Next..

On juga Allow Participant to join before host artinya kita akan mengijinkan participant masuk ruang zoom meskipun hostnya belum masuk.

Pilih lalu enable ya sobat, namun ini menyesuaikan dengan kebutuhan sobat sekalian.

Nah diatas adalah room yang sudah saya buat repeat atau mengulang otomatis setiap hari,jadi saya hanya share linknya satu kali saja dan di pakai tiap hari tanpa harus saya buat room zoom setiap hari.

Sekian , semoga bermanfaat ..

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: