Saturday, July 24, 2021

Cara memposting artikel dapat terurut sesuai menu yang kita buat di blog.

Pertanyaan yang sering muncul bagi blogger pemula adalah bagaimana mengatur postingan agar ketika kita upload dapat sesuai dengan menu yang sudah disediakan.


Contoh pada blog saya :


Nah bagaimana caranya ketika saya klik pendidikan maka postingan saya tentang pendidikan yang muncul, bagaimana ketika saya tekan download yang muncul adalah semua tentang download dan yang lainnya.

Oke langsung saja kita pelajari bersama, menu menu tersebut dapat kita setting pada menu edit tema HTML namun jika tidak terlalu paham tentang pengeditan teman lebih baik minta bantuan pada ahli atau orang yang berpengalaman dibidangnya.

ya, jangan sampai niat ingin memperbaiki malah merusak apa yang sudah bagus. heee 

terus bagaimana caranya  ? baik, semua menu tersebut di filter berdasarkan label pada artikel atau berita yang kita upload.

Contoh dimenu pendidikan jadi saya panggilnya dalam url adalah /label/pendidikan contoh lengkapnya : https://www.ydprog.com/search/label/Pendidikan

nah coba sobat klik link di atas maka akan ke direct pada postingan yang berlabel pendidikan. lalu bagaimana caranya mengetahui label yang digunakan setiap menu ?

Sobat klik satu persatu menunya contoh saya klik menu Download pada blog saya , maka di kolom urlnya dapat kita lihat ada kata apa setelah label , seperti gambar dibawah ini :


Dari gambar diatas sudah sangat jelas bahwasanya ketika klik dowload maka yang akan tampil adalah postingan yang berlabel download.

lalu bagaimana caranya memberi label pada postingan ?

Oke langsung saja sobat buat postingan baru, masukan judul isi nah kalau sudah semua jangan tekan Publish dulu perhatikan Setelan Entri di samping kanan editor blog , Seperti gambar dibawah ini :





nah karena dalam postingan kali ini saya akan masukan dalam postingan pendidikan maka saya tulis di kolom label Pendidikan , sobat juga dapat memberikan label lebih dari 1 label contoh ada pendidikan,artikel,berita dan lainnya yang mana setiap label dipisahkan dengan tanda Koma.


biasanya disitu akan tampil otomatis label yang sudah kita buat sebelumnya, tinggal sobat masukan beberapa kata di awal akan muncul pilihan sesuai inputan, contoh saya tulis kata 'Pend' maka list dibawahnya akan menampilkan Pendidikan , tinggal klik saja.

Nah, saya akan publish postingan ini dengan label Pendidikan.

Oke sekarang kita buktikan apakah postingan saya yang berjudul 'Cara memposting artikel dapat terurut sesuai menu yang kita buat di blog' akan tampil pertama saat saya klik menu pendidikan ?

mari kita buktikan :


nah sudah muncul kan postingannya pada menu pendidikan, sobat bisa klik sendiri : akses https://www.ydprog.com/  lalu klik menu Pendidikan atau langsung klik klik link ini saja: https://www.ydprog.com/search/label/Pendidikan


kita juga dapat melihat dan menfilter label label tersbut pada list postingan kita di halaman blogger kita seperti gambar dibawah :




Demikian informasi kali ini semoga bermanfaat, semangat para penulis... 

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: