Friday, July 30, 2021

Peralatan yang harus di siapkan untuk memasang instalasi CCTV yang menggunakan DVR

Closed Circuit Television atau yang sering kita tau adalah CCTV memang sudah tidak asing lagi sekarang bagi sobat sekalian, sangat mudah pula untuk mensettingnya. Cctv sangat dibutuhkan untuk memantau situasi atau pergerakan dari sebuah tempat.


Pada umumnya CCTV digunakan pada tempat usaha seperti supermarket, ssbuah instansi bahkan sampai warung kecil sudah ada cctvnya. 




Sumber : https://jualcctv88.com

Saking mudahnya sekarang tiap rumah hampir memiliki CCTV. Jadi cctv yang dulunya hanya orang orang tertentu yang memilikinya , hanya orang berkecukupan atau orang kaya saja yang memilikincctv tersebut. Namun sekarang siapapun dapat memilikinya.

Kecanggihan teknologi mendorong manusia untuk lebih canggih dari sebelumnya. Dulu cctv hanya menggunakan kabel saja yakni ada camera yang terhungung dengan kabel berpusat pada DVRnya . Sobat ingin memasang instalasi cctv menggunakan kabel ?

Nah berikut yang harus sobat siapkan :

1. Kamera

Kamera biasanya sobat harus sesuaikan dengan support dari DVRnya karena terkadang ada beberapa DVR  yang tidak support untuk sebuah kamera. Jadi saran saya beli Dvr dulu baru beli cameranya. Atau lebih baik sobat beli dalam 1 merek saja. Misalkan HKvision maka belilah DVR dan cameranya HK vision juga. Biasanya sudah dapat di pastikan support.

Kamera ada dua macam yaitu :

A. kamera indoor, seperti gambar dibawah ini :
sumber gambar : https://cf.shopee.co.id
kamera indoor ini adalah kamera yang akan dipasang dalam ruangan, jadi bisa dalam rumah , kantor dan sebagainya.

B. Kamera Outdoot, seperti gambar berikut :

Kamera indoor ini di pasang diluar ruangan, seperti parkiran dan lainnya.


2. Kabel CCTV



Kabel cctv beraneka ragam , ada yang siap pakai ada pula yang bisa custome sendiri artinya sobat harus merangkainya sendiri. Cara yang aman adalah memggunakan kabel LAN. Ya didalam kabel LAN ada 8 warna kabelnyang berbeda jadi sobat dengan mudah menentukan warna apa yang digunakan untuk power dan mana yang akan digunakan untuk jalur video atau kameranya.

3. Powersuply



Powersuply beraneka ragam , sobat bisa menggunakan PSU yang satuan , artinya perkamera memiliki 1 PSU yang kita sebut dengan adaptor. Namun sobat tentunya harus menambahkan beberapa alat lagi seperti kabel listrik, terminal dan steker sebagai power yang akan digunakan setiap adaptor.

Namun jika sobat menggunakan PSU yang multi sobat cukup menggunakan kabel dari pusat PSU saja , jadi power berpusat pada 1 PSU. Ini memliki kelemahan jika PSU mati makan kamera tidak akan berfungsi semuanya. Namun jika menggunakan adaptor pada masing masing kamera 1 mati yang lain tidak terpengaruh.

Jadi bagaimana sobat mau pakai yang satu per satu atau all in 1 ? Heee

Kalau saya pakai yang all in 1.

4. DVR



Sumber : https://cf.shopee.co.id

Dvr tergantung dari sobat ingin berapa chanel , biasanya tersedia dari mulai 4 chanel , 6 chanel ,b8 chanel , 16 chanel dan yang lainnya.

1 chanel artinya untuk 1 kamera, jadi disesuaikan dengan tempat sobat sekalian , jika mau pasang banyak ya tinggal sesuaikan dengan chanel yang akan di beli.

5. Hardisk
Hardisk adalah sebuah peralatan yang sangat dibutuhkan dalam cctv , namun saya akan tanya dulu, kira kira apakah cctv akan berjalan atau beroperasi dengan normal tanpa HDD?

Jawabannya : Iya tetap normal.

Kenapa ? Karena disini hardisk hanya sebagai alat penyimpanan apa yang sudah di rekam oleh kamera. Lah kok bisa normal ? Ya, camera hanya dapat sobat lihat saja tanpa sobat bisa memutar video rekamannya . Karena disitu tidak ada alat untuk menyimpan atau merekam aktivitas kamera.

Jadi saya katakan hardisk penting meskipun cctv tanpanya tetap berjalan normal .. hee

Iya ibarat manusia hanya melihat tanpa mengingat gt.

6. Connector DC Male / Female



Connector male / female digunakan untuk menghubungkan arus listrik dari PSU atau adaptor ke kamera. Jadi alat ini sangat penting agar kamera dapat menyala dan melakukan pemantauan.

7. Connector camera to camera / to DVR.



Connector kamera adalah penghubung antara kamera dengan DVR sobat. Jadi tanpa ini pula tak dapat melihat output dari kamera terssbut.

Jadi yanh namanya connector itu wajib ada.
8. Monitor



Hasil output dari DVR itu akan di tampilkan, ya lewat monitorlah kita dapat memantau hasil kamera kita. Namun beberapa DVR sudah memiliki kecanggihan , sobat tidak perlu membeli monitor lagi untuk melihat output kamera yakni cukup dengan smartphone saja.

Bagaimana caranya ?

Sobat membutuhkan beberapa peralatan lagi seperti :
A. Router yang terkoneksi internet , atau ada instalasi wifi di rumah sobat yang nantinya DVR akan di koneksikan ke jaringan internet.
B. Kabel Lan.
Kabel lan digunakan untuk menguhungkan router ke DVR sehingga router dapat mengkoneksikannke internet.

Banyak sekali alat alat yang digunakan untuk membuat cctv dengan kabel ini, ya mininal anda harus punya biaya sekitar 5jtan tergantung jumlah kamera yang akan di pasang, medan juga mempengaruhi.

Nah ada yang simple nih sobat , gak terlalu banyak biaya yang keluar , penasaran ? 

Tunggu artikel selanjutnya ya, jika sudah saya akan pastikan linknya di bawah ini :


Sekian , semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: