Tuesday, July 27, 2021

Cara menyembunyikan file atau Folder di android agar tidak bisa di lihat orang lain.

File atau folder kita di android tak selamanya kita tau bahwa yang kita simpan itu aman, misalkan kita menyimpan file yang sifatnya sangat rahasia, sehingga tidak boleh seorangpun yang mengetahuinya.


Misalkan kita menyimpan kata sandi email , pin ATM dan lainnya yang sebelumnya kita simpan di aplikasi pengolah kata (Ms word dan sejenisnya ) dan kita menyimpannya di smartphone kita.

Ketika smartphone kita sedang tidak di genggaman kita misalkan dipinjam teman atau di pakai anak kita yang mungkin secara tidak sengaja menghapus file atau folder yang kita simpan sebelumnya.

Bukan jadi hal yang tidak mungkin untuk anak anak menggunakan smartphone kita seperti untuk main game, belajar online dan sebagainya.

Apalagi d kondisi pandemi seperti ini tentunya banyak anak yang menggunakan smartphone orang tua untuk melakukan belajar daring.

Nah apa yang harus kita lakukan untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan  tersebut ? Disini saya akan memberikan solusinya, yaitu menyembunyikan folder atau file tersebut sehingga siapapun yang menggunakan smartphone kita tidak dapat mengakses folder atau file yang kita simpan.

Bagaimana caranya ? Oke , mari kita simak bersama sama.

1. Punya Smartphone
Oke , hal pertama adalah sobat harus punya smartphone . Heee yang belum punya semoga dimudahkan untuk mendapatkannya. Yang sudah punya harap bersyukur , yang mau ganti hp semoga di lancarkan. 

2. Akses Penyimpanan
Sobat akses penyimapanannya, biasanya ada logo folder dengan nama pengelola file. Masing masing smartphone dan mereknya beda beda namanya namun fungsinya sama, berikut penampakannya :

Oh iya, penyimapanan sobat penuh secara tiba tiba padahal tidak pernah install aplikasi atau download apapun ? Tenang atasi dengan cara ini :

Dengan cara di atas hp saya jadi ringan dan penyimpanannya bertambah. Mengapa penuh ? Kadang juga kadang muncul iklan tiba tiba , dan Hp terasa berjalan lebih lambat. Itu karena secara kita tidak sadari bahwa aplikasi yang kita install diam diam menyimpan riwayat apa yang kita lakukan, terutama browser kita. Jadi sarannya jangan sembarangan mengklik link link tidak jelas ya. 

Oke lanjut pada topik kita ya.

3. Pilih Penyimapanan.

Selanjutnya sobat pilih penyimpanan mana yang akan digunakan untuk menyimpan file tersembunyi tersebut.
Disini untuk sebagai contoh saya akan menggunakan penyimpan memori card atau kartu memori external saya.

Oke , karena ini demo saya akan membuat sebuah folder yang akan menyimpan folder yang tersembunyi dan tidak tersembunyi. Jadi kita buat folder baru dulu, bagaimana caranya ? Oke lihat gambar dibawah ini :

Klik titik tiga di pojok kanan atas seperti dalam lingkaran merah, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


Pilih membuat folder atau New Folder bagi sobat yang menggunakan bahasa inggris seperti lingkar merah , setelah itu 

Nah saya berinama Folder Tersembunyi , maka akan tercipta sebuah folder baru seperti gambar berikut ini :

Tanda B pada folder menandakan bahwa folder itu Baru dibuat , atau B bagi sobat yang menggunakan bahasa inggris.

nah folder ini menyimpan 2 folder , 1 folder akan menampung file yang tidak tersembunyi dan 1 lagi untuk menyimpan file yang akan kita sembunyikan. Hasilnya seperti berikut :


Gambar 5

Untuk membuat folder tersebut lakukan seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya , 


Klik titik tiga dan pilih membuat folder.

Perhatikan gambar 5 : lingkar biru folder yang tidak tersebunyi dan lingkar merah untuk folder yang akan kita sembunyikan. Sobat juga perhatikan lingkar hijau menunjukkan letak atau urutan folder itu tersimpan. Supaya kita buktikan bahwa penyimpanan tetap berada pada tempat yang sama. Selanjutnya kita sembuyikan folder yang sudah kita buat dengan nama  Tersembunyi tersebut dengan cara :

Tekan agak lama kemudian folder akan terpilih seperti lingkar merah di atas , ada tanda centang pastikan hanya folder Tersembunyi saja yang tercentang, kemudian menu titik 3 di pojok kiri bawah seperti pada lingkaran dintunjuk panah, maka akan tampil seperti berikut :

Akan muncul pop up menu dan kita piluh Ubah Nama atau Rename Jika menggunakan bahasa inggris. Maka otomatis akan ada dialog box untuk merubah nama seperti gambar dibawah inin:

Nah disinilah moment yang paling penting, sobat harus perhatikan dengan seksama, nah sebelumnya kan saya berinama folder ini dengan nama Tersembunyi sekarang saya akan ganti dengan .Tersembunyi . Lah kok sama ? , temukan bedanya. Ya disitu saya tambahkan titik (.) Sebelum kata Tersembunyi, iya kuncinya disitu ya sobat yaitu di titik. Jadi kalau sobat ingin menyembunyembunyikan sebuah file atau folder rename saja namanya dan tambahkan titik di depan penamaan foldernya . Ingat didepan ya bukan di belakang.

Oke lanjut. Sekarang kita buktikan , setelah kita rename lalu kita klik Ubah Nama maka lihatlah apa yang terjadi 

Ya , folder Tersembunyi sekarang sudah tidak ada , sisa folder yang tidak tersembunyi, bukan menyisakan kenangan ya .. heeeeee

Sobat juga perhatikan lokasi penyimpanannya masih sama ya , perhatikan lingkar hijau.

Yey, sudah berhasil menyembunyikan folder kita. Lalu apakah folder kita akan selamanya hilang? Apakah file yang tersimpan akan hilang selamanya ? 

Jawabannya tidak , file anda aman aman saja. Terus bagaimana caranya saya mengaksesnya kembali ?

Oke sekarang kita cari tau bagaimana cara menampilkannya. Berikut caranya :


Klik titik 3 pada pojok di kanan atas akan muncul menu seperti di atas, sobat klik menu Pengaturan , kita akses pengaturan dulu ya , makan akan tampil tuh pengaturan penyimapanan file , seperti gambar dibawah ini :

Nah yang sobat lakukan adalah mengaktifkan atau enable Tampilkan File sistem tersembunyi di enable atau di aktifkan saja , seperti gambar dibawah ini :

Di atas sudah saya aktifkan atau enable tampilkan file sistem tersembunyi , dengan begitu semua file yang tersembunyi akan muncul semuanya. Artinya semua folder yang memiliki titik di depan akan di tampilkan semuanya . Oke lanjut, coba kita lihat seperti apa penampakannya , sobat tekan kembali saja., maka akan tampil sebagai berikut :

Folder dengan nama Tersembunyi sudah muncul lagi , tapi tampilannya berbeda seperti ada garis garisnya , artinya folder tersebut ada hidden file , atau folder tersembunyi yang tidak bisa kita temukan folder tersebut jika pengaturan tampilkan file sistem tidak di enable.

Bagaimana cara menjadikan folder tersebut menjadi folder biasa? 

Gampang , sobat tinggal rename saja dan hilangkan tanda titik di depan dan save kembali.

Bagaimana cara agar folder tersebut tersembunyi lagi ?

Gampang , tinggal disable lagi Tampilkan file sistem tersembuyi .

Mudah bukan .. 

Oke sampai disini tutorial kali ini semoga bermanfaat..

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: