Tuesday, July 13, 2021

Contoh Squence Diagram (CRUD).

 Untuk mengetahui tahap demi tahap kejadian masing-masing use case pada use case diagram, maka dapat digunakan sequence diagram. Sequence diagram secara grafis tau tampilan sequence ini menggambarkan bagaimana sebuah objek berinteraksi atau saling berkaitan satu sama lain melalui sebuah perintah atau pesan eksekusi pada sebuah use case atau operasi. Silahkan pelajari contoh usecase di blog ini.

1.      Sequence Diagram Login.

Gambar 3.63 Sequence Diagram Login

            Sequence Diagram login dimulai dari eksekusi fungsi main(), antarmuka menampilkan form login,  user mengisi username dan password selanjutnya menjalankan fungsi login() dan akan melakukan koneksi ke database pada tabel user. setelah terkoneksi maka data di cek ke dalam database melalui queryCekLogin() dengan menjalankan fungsi execute(). Kemudian data akan di validasi dengan fungsi getResult().

2.      Sequence Diagram Menambah data Distributor

 

Gambar 3.64 Sequence Diagram Menambah data Distributor

            Sequence Diagram menambah data distributor dimulai dari eksekusi fungsi main(), kemudian user mengisi data dan di teruskan dengan fungsi menambahDistributor() selanjutnya akan di validasi setelah lulus akan melakukan koneksi ke database pada tabel distributor, setelah terkoneksi maka data disimpan ke dalam database melalui queryMenambahDisributor() dengan menjalankan fungsi execute(). Selnjutnya menutup koneksi dan menampilkan pesan pada user.

3.      Sequence Diagram Mengubah data distributor

 

 

Gambar 3.65 Sequence Diagram Mengubah distributor

            Sequence Diagram mengubah data distributor dimulai dari eksekusi fungsi main(), user memilih data , antarmuka menampilkan form data yang dipilih dan diteruskan dengan fungsi mengubahDistributor(), kemudian di validasi setelah lulus akan melakukan koneksi ke database pada tabel distributor, setelah terkoneksi maka data disimpan ke dalam database melalui query MengubahDisributor() dengan menjalankan fungsi execute(). Selnjutnya menutup koneksi dan menampilkan pesan pada user. 

4.      Sequence Diagram Menghapus data distributor


Gambar 3.66 Sequence Diagram Menghapus data distributor

            Sequence Diagram menghapus data distributor dimulai dari eksekusi fungsi main(), user memilih data , antarmuka menampilkan data distributor , user klik tombol hapus, antarmuka menampilkan konfirmasi setuju atau tidak, jika setuju di lanjutkan dengan fungsi menghapusDistributor() kemudian di validasi setelah lulus akan melakukan koneksi ke database pada tabel distributor, setelah terkoneksi maka data dihapus dari database melalui query MenghapusDisributor() dengan menjalankan fungsi execute(). Selnjutnya menutup koneksi dan menampilkan pesan pada user.

5.      Sequence Diagram Mencari data distributor

Gambar 3.67 Sequence Diagram Mencari data distributor

            Sequence Diagram mencari data distributor dimulai dari eksekusi fungsi main(), antarmuka menampilkan form pencarian kemudia mengeksekusi fungsi mencariDistributor() selanjutnya akan melakukan koneksi ke database pada tabel distributor, setelah terkoneksi maka data akan di tampilkan dari database melalui query MencariDisributor() dengan menjalankan fungsi execute(). Selanjutnya hasil pencarian di tampilkan pada user.

6.      Sequence Diagram Melihat data distributor

 

 

Gambar 3.68 Sequence Diagram Melihat data distributor

            Sequence Diagram melihat data distributor dimulai dari eksekusi fungsi main(), antarmuka menampilkan data distributor kemudian mengeksekusi fungsi melihatDistributor(), data akan di validasi setelah lulus dari validasi selanjutnya akan melakukan koneksi ke database pada tabel distributor, setelah terkoneksi maka data akan di tampilkan dari database melalui query melihatDisributor() dengan menjalankan fungsi execute(). Selanjutnya data di tampilkan pada user.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: