Tuesday, July 13, 2021

Apa saja yang harus disediakan untuk membuat aplikasi web dengan PHP

Kali ini mimin akan berbagi informasi tentang apa saja sih yang harus di siapkan untuk membuat/ belajar membuat aplikasi berbasis WEB menggunakan bahasa pemograman PHP.

PHP (Hypertext Prepocessor) adalah bahasa pemograman yang dapat anda pelajari dengan mudah.

Berikut yang harus anda siapkan.


Sumber Gambar : https://www.vecteezy.com

1. Server Database

   karena php adalah bahasa pemograman yang berbasi sserver side jadi untuk menjalankan file.php , jadi harus servernya di jalankan dulu agar aplikasinya bisa jalan,. nah disini saya menggunakan Xampp. 

Download Xampp : https://www.apachefriends.org/download.html

Silahkan pilih versi yang ingin sobat pelajari, saran saya pilih yang versi 5 dulu untuk belajar lebih mudah.

Baca juga cara menjalankan Xampp otomatis : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-agar-xampp-control-panel-jalan.html

2. Editor


Editor digunakan untuk menulis kode kode program atau lumrah disebut dengan koding. banyak editor yang dapat digunakan untuk programmer pemula. seperti notepad++, sublime text dan masih banyak editor lainnya , masing masing programmer punya kesukaan berbeda beda untuk menulis kode programnya, namun disini saya menggunakan Sublime Text, kenapa ? karena lebih ringan dan tampilannya lebih menarik serta sudah mendukung banyak plugin.

Download Sublime Text : https://www.sublimetext.com/3

Kalau ini pilih versi terbaru saja.

3. Browser



Karena yang ingin kita buat adalah Aplikasi WEB maka tentunya kita butuh browser untuk menjalankan kode kode yang sudah kita buat, banyak browser yang dapat digunakan, seperti Chrome, Operamini, Firefox dan lainnya, biasanya programmer akan menginstal lebih dari 1 browser untuk kebutuhan mereka , saya rekomendasikan Firefox dan Chrome, karena lebih aman dan nyaman. heee

Dowload Chrome : https://www.google.co.id/chrome/?brand=CHBD&gclid=Cj0KCQjw0K-HBhDDARIsAFJ6UGiRKgrHYYACKlbyQyxLp3G0FwyW1YHX50OiMlHPIi5lsVlxTIG50TgaAlTzEALw_wcB&gclsrc=aw.ds

Download Mozilla Firefox : https://www.mozilla.org/id/firefox/new/ 

Semua download versi terbaru, biasanya ada installer yang online dan installer offline, kalau sobat memiliki koneksi interner yang stabil baiknya pakai yang online saja.

4. Laptop /PC

Ya, untuk menginstall semua diatas tentunya sobat harus punya laptop atau PC , sobat juga bisa pinjem di teman atau ajak teman untuk belajar bersama. untuk diwarnet saya tidak sarankan karena dipakai banyak orang kecuali warnetnya milik sobat sendiri.. heee

Download Laptop : heeee.. Beli bukan di download.

Sekian hanya itu saja yang harus sobat harus punya dan install untuk belajar membangun sebuah aplikasi. semua list di atas untuk langsung membuat aplikasi namun untuk membuat atau mendesain interface aplikasi sebelum membuatnya sobat perlu tambahan aplikasi, tunggu saja updatetannya , next keperluan untuk desain interface ya.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: