Monday, July 26, 2021

Cara belajar membaca bahasa inggris yang benar menggunakan microsoft Word

 Dizaman yang modern ini kemampuan berbahasa inggris sangatlah dibutuhkan, namun banyak terkendala dari kita semua bagaimana cara belajar bahasa inggris. akhirnya ketika ada informasi atau pemberitahuan berbahasa inggris kita akan kesulitan untuk menerjemahkannya. memang sekarang kita dapat memanfaatkan beberapa penyedia terjemahan online seperti Google Translate dan sebagainya, namun kita terkendala ada batasan penerjemahan disitu.

Contoh ketika ingin menerjemahkan tulisan tulisan kita yang sudah menjadi sebuah buku kedalam bahasa inggris tentunya memiliki batas batas yang disediakan. yang kita lakukan adalah menyalinnya dan menempelkannya pada penerjemah selanjutnya di salin dan ditempelkannya kembali ke tulisan kita. namun masalah baru terjadi , tulisan yang awalnya rapi kini berantakan , belum lagi susunan bahasa inggrisnya belum tentu benar.

Ada cara yang praktis yang dapat dilakukan jika ingin menerjemahkan karya kita yang telah berbentuk buku atau dokumen yang sudah berhalam halaman , yaitu dengan menggunakan penerjemah yang disediakan Microsoft Word , Simak caranya di : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-translate-indonesia-ke-inggris.html

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang terjemahan, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengucapkan kata atau kalimat bahasa inggris dengan benar menggunakan Microsoft Word. 

mari kita simak bersama :

1. Open Microsoft Word


disini saya menggunakan Ms Word 2019 , jadi ketika membukanya harus memilih dulu tampilan , apakah mau pakai template atau tidak, ini biasanya mulai ada pada MS Word 2013 ke atasnya. Ms word di bawahnya seperti Ms Word 2010 , 2007 langsung membuka halaman kosong.

oke lanjut, kita tekan blank saja. akan tampil seperti gambar dibawah :


di atas adalah tampilan awal Ms word 2019. Selanjunya

2. Akses menu Review

Setelah terbuka, sobat langsung klik menu Review. 


Diatas adalah tampilan menu Review dan ada lingkaran merah bertuliskan Read Alound , nah kita akan menggunakan menu itu untuk mengetahui cara baca kata atau kalimat dalam bahasa inggris

selanjutnya..

3. Menulis

Ya, kita menulis dulu dengan bahasa inggris, atau menulis dengan bahasa indonesia terlebih dahulu langsung kita terjemahkan dalam word. caranya : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-translate-indonesia-ke-inggris.html


sebagai contoh saya tuliskan kata di atas. selanjutnya kita blok teks yang ada dalam word , jadi jika sobat ingin membaca sebagian blok teks yang ingin dibaca. nah disini saja blok semua kata di atas hingga tampilan seperti dibawah ini :



tekan ctrl+A untuk memilih semua teks dalam dokumen yang kita buat selanjutnya kita tekan menu Read Alound ,sebelumnya keraskan speaker sobat agar terdengar dengan jelas, maka secara otomatis.


ketika suara terdengar maka secara otomatis di tunjukan suara perkata.

nah pada gambar di atas adalah kata LOVE yang terblok maka saat itu suara terdengar adalah suara 'LOVE'.

perhatian : hal ini dapat di lakukan jika sobat terkoneksi dengan internet.

Demikia Tutorial kali in semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: