Tuesday, July 13, 2021

Contoh Activity diagram (Aplikasi YDM Note), Login dan CRUD

 ACTIVITY DIAGRAM

Dari use case yang ada dibutuhkan activity diagram untuk menjelaskan secara jelas aliran  proses pada tiap use case. Activity diagram yaitu menggambarkan berbagai alur atau urutan sebuah aktivitas dalam  sistem yang sedang dirancang, bagaimana setiap alur berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1.      Activity diagram login

            Keterangan : Manager dan Kasir membuka halaman login dan memasukan username dan password. Jika username dan Password tidak  valid (tidak sesuai dengan data dalam sistem) atau tidak ada, maka sistem akan memberikan pesan username dan Password tidak valid atau harap memasukan username dan password dengan benar, jika Jika username dan Password valid (sesuai dengan data sistem) maka sistem akan menampilkan atau mengarahkan pada halaman utama sistem.

2.      Activity Diagram tambah distributor

Keterangan : Untuk menambah data distributor pertama aktor  mengklik menu distributor kemudian  sistem menampilkan halaman distributor , selanjutnya aktor mengklik tombol tambah dan sistem menampilkan form tambah distributor , aktor mengisi form tambah data distributor dan klik tombol simpan kemudian sistem akan mngecek inputan aktor,  jika inputan sudah benar maka sistem menyimpan data ke basisdata dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan, jika tidak maka sistem akan menampilkan pesan gagal disimpan dan  sistem mengarahkan aktor ke halaman form tambah distributor untuk mengisi data yang benar.

3.     
Activity Diagram mengubah data distributor

 

Keterangan : Untuk mengubah data distributor yang telah tersimpan dalam basisdata pertama aktor mengklik menu distributor kemudian sistem menampilkan halaman distributor. Aktor memilih data yang akan dilakukan perubahan  pada tabel data distributor, kemudian aktor mengklik icon ubah, sistem menampilkan form ubah data distributor, selanjutnya aktor memasukan perubahan data, kemudian klik simpan dan sistem akan melakukan pengecekan pada inputan aktor, jika inputan sudah benar maka sistem menyimpan data ke basisdata dan menampilkan pesan bahwa data berhasil disimpan, jika tidak maka sistem akan menampilkan pesan gagal disimpan dan  sistem mengarahkan aktor ke halaman form ubah data distributor untuk mengisi data yang benar.

4.     
Activity Diagram
menghapus data distributor

 

Keterangan : Untuk menghapus data distributor yang telah tersimpan dalam basisdata pertama aktor mengklik menu distributor kemudian sistem menampilkan halaman distributor. Aktor memilih data yang akan dihapus  pada tabel data distributor, kemudian aktor mengklik tombol hapus, sistem menampilkan pesan konfirmasi “apakah anda yakin data ini akan di hapus?” jika aktor memilih “iya” maka sistem menghapus data dan menampilkan pesan bahwa data sudah berhasil di hapus , jika “tidak” maka sistem akan menampilkan pesan data gagal di hapus dan mengarahkan aktor ke halaman distributor.

5.    Diagram Activity mencari data distributor

 

Keterangan : Untuk mencari data distributor pertama aktor membuka aplikasi dan sistem menampilkan halaman utama, kemudian aktor mengisi form pencarian dan mengklik icon pencarian maka sistem akan mencari data , jika sistem menemukan data pada basisdata yang sesuai dengan inputan aktor maka sistem akan menampilkan data , jika tidak sistem akan menampilkan pesan bahwa data tidak ditemukan.

6.     
Diagram Activity
melihat data distributor

Keterangan : Untuk melihat data distributor pertama aktor mengklik menu distributor kemudian sistem menampilkan halaman distributor. Aktor memilih data yang akan di lihat  pada tabel data distributor, kemudian aktor mengklik icon detail maka sistem menampilkan data distributor yang telah di pilih oleh aktor.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: