Monday, July 12, 2021

Cara agar Xampp Control Panel Jalan sendiri (Atumatic Running)

 Xampp (Cross Platform Apache Mysql/MariaDB PHP Perl) merupakan server lokal yang dapat menggantikan hosting untuk media pengembangan aplikasi yang sedang di bangun.

Kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana caranya agar xampp control panel dapat berjalan otomatis tanpa harus kita start. Mari kita simak bersama langkah - langkahnnya.


Gambar Dari : Wikipedia


1. pastikan anda sudah mendownload installer xampp.

Anda bisa mendownloadnya secara gratis di https://www.apachefriends.org/download.html Silahkan dipilih sesuai Platform yang anda gunakan , dan versi berapa yang akan anda gunakan.

2. Install xampp secara benar, step by step sampai finish.

Setelah xampp selesai terinstall saya sarankan agar tidak membuka xampp control panel terlebih dahulu menghindari error, jadi anda restart terlebih dahulu laptop anda. Next setelah restart.

3. Ketikan Xampp control panel pada pencarian windows anda (Disini saya pakai windows 10).

Tekan logo windows pada keyboard lalu ketik 'Xampp control Panel' seperti gambar berikut .


Setelah itu klik kanan open file location, maka anda akan di direct ke tempat dmana xampp control panel tersebut berada.
4. Klik kanan pada file xampp control panel lalu klik Send To > Pilih Desktop.
Maka xampp control panel sekarang sudah ada di halaman desktop anda sebagai shortcut.

5. Sekarang lihat pada dekstop atau halaman depan pada laptop anda sudah ada xampp control panel , Lalu klik kanan > copy.
Peringatan : xampp control panel yang ada di desktop tidak boleh di hapus, jika dihapus maka sistem tidak dapat mengakses file tersebut.
Setelah di copy next..
6. tekan Windows+R (mengakses RUN).
Setelah Win RUN telah terbuka ketikan shell:startup (untuk membuka file startup).

Maka akan terbuka folder startup , kemudian Paste file xampp control panel tadi pada folder tersebut kemudia tutup foldernya.

belum selesai sampe disini guys.. Oke lanjut..

7. Sekarang double klik pada xampp control panel yang ada pada halaman desktop.

Akan tampil seperti gambar di atas, mungkin milik teman teman belum start, oke jangan start dulu, sekarang klik Config pada bagian pojok kanan atas.

Akan muncul dialog Box, nah silahkan pilih apa saja yang ingin anda start secara otomatis di autostart of modules, kalau saya hanya 2 saja cukup yaitu Apache dan mysql.

8. kemudian centang Start Control panel Minimized (Agar xampp control panel start di minimize tidak tampil di layar). centang juga check default ports on startup

9. kemudian klik Save dan restart komputer anda.

Ketika nyala akan ada dialog box lagi di ALLOW ACCESS saja.

Selesai...


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat..



Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: