Friday, July 16, 2021

Cara beriklan di Facebook agar barang promosi atau jualan laku keras, banyak peminatl

Terkadang kita sudah berhasil membuat sebuah usaha namun kesulitan memasarkannya, memberitahukan kepada semua orang, apalagi dengan situasi pandemi seperti saat ini, yang mana beberapa aktifitas sudah dibatasi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.


Nah salah satu solusi memasarkannya lewat Facebook.
Kenapa harus facebook ?
Ya tentunya banyak alasan untuk memilih facebook sebagai media promosi kita. Salah satunya ya karena hampir semua orang memiliki akun facebook dan menggunakannya setiap saat sebagai media untuk menemukan informasi dan saling sapa secara online.


Sumber gambar : https://www.kindpng.com

Baik, langsung saja berikut cara beriklan di facebook.
Namun sebelumnya sobat harus mengetahuinya ada 2 Aplikasi yang wajib anda miliki agar dapat beriklan di facebook.
1. Aplikasi Facebook
2. Aplikasi Facebook Ads


Untuk mendapatkan aplikasi tersebut annda cukup mencarinya di Google Playstore.
Oke, sekarang ke caranya .
1. Buka Facebook
Anda wajib memiliki akun facebook terlebih dahulu dan memiliki Halaman Facebook / Facebook Fanpage agar dapat beriklan di facebook.
Bagaimana cara mendaftar Halaman Facebook ? Lihat caranya di : Cara daftar Halaman Facebook
Ketika sudah memiliki fanpage facebook selanjutnya.

2. Akses Halaman
Akses halaman facebook anda sehingga tampil semua postingan sobat.
nah sebagai contoj saya akan mempromosikan atau mengiklankan postingan tersebut dengan menekan tombol Promosikan Postingan.
Selanjutnya ..

3. Mengatur promosi/iklan
Langkah selanjutnya ketika sobat sudah menekan tombol Promosikan Postingan ,sobat akan di direct ke halaman pengaturan promosi atau iklan yang akan sobat buat , seperti gambar dibawah :
akan dimpilkan seperti apa iklan yang akan ditayangkan dan insight dari postingan kita secara realtime. Selanjutnya kita ke penargetan..

Warna hijau contoh iklan kita nantinya,
Warna Merah pengaturan penargetan kita, nah apa yang kita inginkan atau kita targetkan untuk iklan ini , contoh saya akan memilih mendapatkan lebih banyak pesan artinya nanti facebook akan mengoptimalkan iklannya untuk sobat agar dapat banyak dihubungi atau mengirimkan pesan pada sobat sekalian..

Next ..

Warna Orange Tombol yang akan di gunakan pada iklan, contoh kan di atas saya memasang target mendapatkan banyak pesan nah maka yang cocok saya gunakan adalah tombol Kirim Pesan .

Warna Biru aktifkan jika iklan sobat merupakan kategori khusus seperti politik dan lainnya.

Warna Hijau nah disini sobat akan diminta men setting atau mengatur pemirsa atau siapa saja yang akan kita kirimi iklan, mulai dari usia, gender, lokasi dan lainnya.

Next...

nah jika sobat tekan tombol edit maka akan tampil seperti di atas, artinya sobat disini atur pemirsa sesuai fitur yang disediakan oleh facebook.
Next..


Warna Hijau adalah anggaran yang akan sobat gunakan , setau saya untuk iklan minimal Rp 20.000 dengan durasi 1 hari.
Warna Kuning merupakan durasi waktu , ya seperti keterangan sebelumnya untuk 20.000 sobat hanya dapat mempromosikan atau menayangkan iklan 1 hari saja. Didalam lingkaran kuning juga ada tanggal kapan sobat akan menjalankan iklan tersebut.

Warna Biru Yaitu metode pembayaran yang akan digunakan. Nah disitu ada keterangan mengenai saldo , ya jika anggaran anda kurang anda dapat menambahkan uang terlebih dahulu dengan menekan tombol Tambahkan Uang maka sobat akan di direct pada halaman patment facebook dan lakukan top up sesuai anggaran yang dibutuhkan sobat.

Pada bagian garis Warna biru terdapat ringkasan dari pembayaran sobat dan sudah terhitung dengan pajak.

Next.. 

Jika sobat sudah memeriksa semua pengaturannya dan sudah yakin ingin menayangkan iklan, selanjutnya langkah terakhir sobat tekan Tombol Promosikan Postingan Sekarang .

Pertanyaan : apakah iklan langsung di tayangkan oleh facebool?

Jawabanya : Tidak

Facebool akan meninjau iklan yang sobat terlebih dahulu , jika sudah memenuhi syarat dan tidak melanggar aturan maka ìklan sobat akan di tayangkan, hanya saja butuh waktu yang tidak dapat di pastikan untuk menunggu facebook menyetujui penayangan iklan.

Pengalaman terkadan cepat hanya 5 menit sudah tayang , namun kadang sampai berjam jam belum tayang.

Berikut status status dari penayangan iklan.
1. Sedang Ditinjau
2. Aktif (iklan anda sedang tayang)
3. Selesai (iklan sudah selesai di tayangkan)
4. Ditolak (tidak lulus pemeriksaan)

Nah selanjutnya untuk melihat status secara detail sobat dapat menggunakan facebook ads untuk memantau iklan sobat seperti gambar di bawah :

Status akan tampilkan pada setiap iklan.

Sobat juga masig dapat mengedit iklannya , tentunya bagi yang diijinkan untuk di edit oleh facebook.


Sobat juga dapat melihat grafik secara realtime 



Selamat mencoba ya sobat ..
Demikian informasi kali ini , semoga bermanfaat.. 

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: