Wednesday, July 14, 2021

Cara membuat postingan pertama di blogger, Lengkap sampai tayang

 Setelah sobat membuat blognya , Jika belum bisa lihat cara membuat blog baru sampai berhasil , Kunjungi : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-membuat-blog-terbaru-2021-dengan.html

Setelah mengganti tema default agar tampilan lebih menarik hanya pakai yang disediakan google, Jika belum tau sobat bisa pelajari di : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-memodifikasi-tema-blogspot.html

Nah , Selanjut bagaimana cara memposting atau membuat tulisan pertama sobat di blogger ?

Oke mari kita simak bersama caranya :

1. Login Blogger 

Ya, Pertama anda harus login terlebih dahulu ke blogger dengan memasukan email dan password yang terdaftar , masuk di : Masuk Blogger

2. Klik menu Postingan

Nah, Setelah masuk maka akan di direct ke halaman depan blogger anda , biasanya langsung ke menu POSTINGAN Jika belum klik saja menu POSTINGAN Pada menu sebelah kiri, dalam menu postingan akan di tampilkan semua riwayat postingan sobat sekalian , baik yang sudah di publikasi atau masih dalam status sebagai Draft.

Selanjutnya ...
3. Klik tombol + POSTINGAN BARU.
dengan mengklik postingan baru anda akan di direct ke halaman editor seperti gambar dibawah :
Dari form bagian atas ada form JUDUL merupakan tempat sobat menaruh judul dari postingan sobat sekalian, setelah Judul  di kertas halaman pengetikan isi dari postingan sobat. Dalam halaman pengetikan terdapat berbagai tools / tombol tombol yang memiliki fungsi berbeda beda sesuai sobat ingin menggunakan yang sama, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan MS Word jadi jika sobat sudah terbiasa dengan MS Word ketika berhadapan dengan postingan ini sobat sudah familiar dan sudah masih menggunakan tools-tools yang ada.

4. Isi Label
Pada bilah sebelah kana ada pengisian LABEL, yang berfungsi sebagai filter / tipe dari postingan sobatm contoh postingan sobat temanya tentang "Tips merawat mata" maka sobat bisa memberi label kesehatan Atau sesuai keinginan sobat, nah nantinya sobat dapat memfilternyya jika diminta label kesehatan maka judul tersebut akan muncul.

Selanjutnya setelah selesai menulis apakah sobat ingin mempublikasikan secara langsung atau masih ingin menjadikannya sebagai draft atau tidak di tampilkan ke publik untuk sementara waktu. nah jika ingin menyimpannya terlebih dahulu sobat dapat klik panah ke kiri di pojok kiri atas di samping logo Blogger, maka sobat akan di bawa ke halaman POSTINGAN yang menampilkan list postingan sobat.

Jika sobat ingin langsung mempublikasi maka sobat langsung klik menu PUBLIKASIKAN pada tombol yang berwarna orange yang ada pada pojok kanan atas. akan muncul dialog bos konfimasi kepada sobat, sobat tinggal konfirmasi saja, maka postingan sobat otomatis akan di publikasikan dan disaksikan pengguna dunia maya.

Setelah di publikasikan akan di direct ke list postingan juga yaitu pada menu POSTINGAN, Sekarang coba arahkan kursor ke salah satu postingan yang sudah sobat buat seperti gambar dibawah ini :

 
Dibilah sebelah kiri setelah judul dan tanggal pos sebelah kanan ada beberapa menu diantaranya :
1. Logo kirim (pesawat kertas)
Menu tersebut akan ada jika postingan sobat sudah dipublikasi ketika di sorot ke logonya akan tampil 'kembalikan ke draft' sudah sangat jelas bahwasanya jika tombol itu di klik maka postingan akan berstatus sebagai draft.
2. Logo Label
Ya seperti logonya itu adalah aksi untuk memberikan label pada postingan anda.
3. Logo tempat sampah
untuk menghapus postingan sobat dapat menekan logo ini, maka postingan akan dihapus secara permanent
4. Logo mata
Logo tersebut digunakan untuk melihat postingan dari segi pembaca atau user halayak umum (pegiat dunia maya).
5. Logo orang
Ya, itu logo siapa yang membuat postingan, jika blog anda memiliki lebih dari 1 admin maka akakn terasa fungsinya , tapi jika hanya sobat yang mengoperasikan maka profil anda saja yang di tampilkan.

lantas , bagaimana jika ingin mengedit postingan ?

Gampang, Sobat hanya tinggal klik postingann tersebut maka akan di direct ke halaman editor.

Sekian informasi kali ini , semoga bermanfaat.. 






Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: