Friday, July 16, 2021

Cara update driver laptop/PC secara langsung tanpa driver pack.

 Driver atau yang biasa disebut pengendali perangkat keras atau secara bahasa gampangnya sebuah penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras dengan tujuan mengoptimalkan kinerja dari perangkat tersebut. Contoh ada beberapa pertanyaan yang sering di ajukan :

  1. kenapa wifi saya tidak bisa berfungsi ya?
  2. Kok tampilan layar laptop saya tidak enak di pandang ya?
  3. kenapa kursor saya tidak muncul ya?
  4. kenapa touchpad saya tidak dapat digunakan ya? 

Pertanyaan di atas terjadi jika driver belum terinstall dengan baik atau minta di update pada versi terbaru.

Namun tidak semuanya terkendala driver saja bisa jadi perangkat memang sudah mengalami gangguan atau minta di ganti.. hee..

Nah driver ini biasanya minta di perbarui ketika baru menginstall ulang. memang setiap merek laptop sudah menyediakan driver bawaan namun biasanya versi lawas jadinya harus di upgrade, jika tidak performa dari perangkat tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

Jadi, bagaimana caranya memperbarui atau memasang driver pada perangkat kita ?

Saya sarankan ada 2 Cara :

1. Update satu persatu melalui device manager.

Berikut Caranya :

A. klik pada menu pencarian windows sobat lalu ketikan 'Device Manager' seperti gambar dibawah :


Tekan Enter atau klik pada 'Device Manager' maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :


nah coba perhatikan pada list list perangkat sobat sekalian, biasanya driver yang bermasalah akan ada tanda seru berwarna kuning, kebetulan punya saya alhamdulillah sudah terupdate semuanya jadi tidak ada yang bermasalah.

Nah jika terjadi ada tanda seru berwarna kuning maka silahkan lakukan update driver tersebut, bagaimana caranya ?

Sebelum itu hal yang wajib dilakukan adalah koneksi ke jaringan INTERNET , Ya, kenapa harus memakai internet ? karena sistem akan mencarikan driver secara otomatis melalui jaringan internet tersebut, setelah terkoneksi berikutnya adalah :

B. Klik kanan pada perangkat yang bermasalah.
seperti gambar dibawah ini :

Kemudian pilih search automatically for driver 


Artinya sistem akan mencarikan yang terbaik untuk perangkat anda secara otomatis. nah setelah selesai akan muncul notifikasi 'driver update successfull' ya kira kira seperti itu bunyinya jika berhasil. nah terkadang muncul error juga sistem memberitahu bahwasanya Tidak dapat mengupdate driver Nah jika seperti itu mungkin sobat bisa mengupdatenya dengan menggunakan driver pack atau jika ingin santai bawa ke tukang servis saya atau yang berpengalaman dibidangnya.

Ada juga yang muncul pemberitahuannya menerangkan bahwa 'Driver is up to date' kurang lebih seperti itu , ya artinya driver sobat memang sudah terbaru , namun terkadang masih ada peringatan atau tanda kuning pada drivernya, ya jika seperti itu baiknya di bawa atau minta bantuan kepada orang yang lebih paham dibidangnya.

Nah, jika update berhasil dan tand seru berwarna kuning sudah tidak ada lagi biasanya sobat harus merestart laptop atau PC sobat terlebih dahulu agar driver yang terinstall dapat terpasasang dengan baik.

Jika banyak yang berwarna kuning (peringatan) maka sobat lakukan update satu persatu hingga semua selesai di update dan lakukan restart komputer.

Demikian cara pertama

Next... Cara yang kedua .

2. Dengan bantuan Intel Assistent

Pertama tama sobat harus mendownload dulu nih pendukung assistent intel agar dapat membaca driver apa saja yang perlu diperbarui.
tenang, ukurannya kecil kok, tidak besar seperti driver pack yang sampai bergiga ukurannya.
 Ya langsung saja download dulu pendukungnya di : https://www.intel.co.id/content/www/id/id/support/detect.html



tekan unduh sekarang dan tunggu sampai unduhan selesai. kemudia akses folder dimana file itu di simpan ketika habis dowload lalu install, iya di baca dulu intruksi didalamnya , sangat mudah cara installnya tinggal next next saja, namun biasakan harus diperhatikan dengan baik sebelum tekan next.

jika terjadi error saat install pendukung tersebut maka memang tidak support atau tidak didukung di komputer sobat sekalian.
nah jika berhasil maka sobat buka 'Intel Assisten' lalu akan di direct ke halaman web Intel driver & Support dan sistem akan mengecek semuanya. setelah di cek semuanya sobat harus sabar menunggu hingga proses pengecekan selesai.

Jika sudah maka akan ditampilkan driver apa saja yang perlu di install atau diperbarui di device sobat sekalian, selanjutnya sobat tekan intall driver secara keseluruhan, tunggu hingga proses selesai, jika sudah selesai seperti biasa restart komputer sobat sekalian.. dan taraaaaaa... yang tadinya tidak berfungsi sekarang sudah berfungsi..

Saran : Jika sobat tidak paham dengan baik , sebaiknya dibawa atau minta bantuan kepada orang yang berpengalaman dibidangnya atau tukang servis. ya tentunya harus ada jasa yang harus dibayar, atau jika teman cukup belikan teh atau apalah... heeee. atau jika punya temen yang baik cukup beri dia semangat dan ucapan terimakasih sudah cukup .. hee
Demikian untuk informasi kali ini , semoga bermanfaat.. 





Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: