Thursday, July 22, 2021

Cara menyatukan beberapa file pdf menjadi 1 file , Combine pdf file secara offline.

bagaimanakah cara menyatukan banyak file , misal halaman cover 1 file pdf , halaman pengesahan 1 file pdf sendiri ? sobat tak perlu bingung gampang saja kok , simple juga.


memang banyak yang menyediakan combine atau meyatukan file secara online , namun saya tidak sarankan, bisa saja file kita disalah gunakan kan. disini saya ingin menggabungkan beberapa file saya dalam bentuk pdf menjadi 1 file saja. bagaimana kah caranya.

1. Siapkan filenya
Sobat siapkan semua filenya terlebih dahulu , agar lebih mudah saya menarunya dalam 1 folder. selain mudah nanti hasil output dari combine juga tidak kemana mana tetap ada pada 1 folder.


Pada gambar di atas saya menyatukan filenya dalam sebuah folder Gabung PDF. jika sobat ingin banyak yang di gabungkan dengan tipe yang berbeda beda, maka sebaiknya membuat sub folder lagi aatu folder di dalam folder. Caranya klik kanan pada halaman folder utama , kemudian klik New dan pilih New Folder seperti gambar berikut :



atau sobat dapat mengklik New Folder pada bagian menu bar di bagian atas.



Setelah itu sobat kasih nama deh sesuai dengan file yang ingin sobat gabunngkan contoh , Skripsi. 

Oke lanjut pada proses selanjutnya yaitu ..

2. Buka Nitro Pro 10
ya, disini saya lagi lagi menggunakan Nitro Pro 10 ya, karena banyak fiturnya disana, intinya lengkap deh.
jika sobat belum punya download dulu di website resminya Nitro, lalu beli lisensinya untuk menjadi pro.


Diatas adalah tampilan dari Nitro Pro 10.

Lihat postingan yang ini untuk mendownload Nitro Pro 10 : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-mudah-compress-kurangi-ukuran-pdf.html

Next...

3. Buka File dengan Nitro Pro 10
Selanjutnya buka salah satu file yang ingin sobat gabungkan menggunakan nitro pro 10, nah pada file saya di atas sudah saya atur buka default program untuk pdf adalah Nitro Pro. ya jadi saya tinggal klik atau tekan enter saja langsung di arahkan ke Nitro Pro. Jika sobat belum menggunakan default program maka sobat lakukan pembukaan file dengan cara :


Klik kanan pada file PDF kemudia pilih Open With lalu pilih Nitro PDF.

Atau jika sobat tidak ingin ribet tinggal drag saja file pdfnya pada Nitro Pro yang sedang terbuka atau ingin mengatur default program agar langsung enter seperti punya saya ? gampang, Ikuti langkah berikut :




Klik kanan pada salah satu file PDF sobat kemudian pada bagian bawah ada menu Propertis sobat klilk di situ maka akan muncul dialog box seperti dibawah ini :


Pada menu properties ini akan menampilkan informasi tentang pdf tersebut seperti nama, nama bisa langsung di rename disitu, ukuran file dan lokasinya juga.

Nah sobat klik Change untuk memilih default Programnya kemudian akan muncul dialog box berikut :


Nah ada berbagai macam aplikasi tuh yang dapat membuka file PDFnya , tapi sobat tetap harus pilih 1 tidak boleh 2 ya .. heeee.. Sobat pilih Nitro Pro 10 kemudian tekan Oke, akan muncul notif dari windows bahwa default was reset atau aplikasi default sudah tereset jika sobat belum pernah merubahnya dari pertama kali sobat beli laptopnya atau install OSnya.

Setelah itu, logo pada pdf kita akan berganti logo Nitro atau lambang N warna orange, artinya kita sudah menjadikan Nitro sebagai default program pembuka file PDF kita.

Next pada acara inti ..heee

4. Combine


Setelah file terbuka dengan NItro Pro 10 maka selanjutnya sobat tekan Combine , menu tersebut ada mana manu bar HOME.

selanjutnya akan muncul dialog box lagi seperti gambar dibawah :



Nah disinilah sobat masukan file sobat ya, dengan cara klik Add Files... pada bagian pojok kiri atas di dialog box yang sedang terbuka. setelah itu sobat pilih file yang tadi dalam 1 folder :


nah enaknya gini kalo sudah dalam 1 folder tinggal kita pilih semua dengan ctrl+A maka akan terpilih semua file dalam 1 folder tersebut kemudian sobat klik Open. maka akan muncul file kita pada dialog box combine yang sedang terbuka.


Nah disini sangat penting sobat ketahui bahwasanya urutan dari file sobat harus di atur disini karena Nitro akan mencombine dari file pertama , kedua dan seterusnya artinya secara berurut , jadi jika file yang terpilih belum berurutan maka sobat urutkan terlebih dahulu, misal urutan yang benar adalah pdf 1, pdf 2 nah di tampilan yang tampil adalah pdf 2 , pdf 1 nah maka sobat haru ganti dulu sesuai urutan dengan cara grag and drop saja atau geser filenya. Sobat arahkan pada file klik 2 kali atau klik kiri pada mouse atau touchpad lalu geser atau pindah sesuai urutannya.

oh iya centang Open PDF File after Creation ya pada pojok kanan bawah dialog box, agar setelah dibuatkan langsung dibuka agar kita melihat hasilnya.

Jika sudah tekan Create Selanjutnya ..




Muncul dialog box lagi, konfirmasi penyimpanan file sobat, ya otomatis akan terpilih pada folder yang
 sudah buat tadi, kemudian sobat beri nama saja, di file saya beri nama Hasil Gabung kemudia tekan Save maka proses combine akan berlangsung..

Waktu proses combine tergantung papda ukuran file atau banyaknya halaman dalam file sobat, biasanya cepet jika tidak terlalu banyak.

nah jika selesai maka file hasil penggabungan akan terbuka pada nitro seperti gambar dibawah ini :


Jika sudah muncul maka proses penggabungan telah selesai, selanjutnya sobat cek hasil pastikan sudah sesuai urutan atau sesuai dengan yang sobat inginkan.

Demikian tutorial kali  ini semoga bermanfaat..


Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: