Friday, July 23, 2021

Cara terhubung ke wifi tanpa harus memasukan atau mengetahui passwordnya dan tanpa aplikasi tambahan.

Mungkin bagi sebagian sobat sudah tau nih caranya. Ya ini khusus bagi sobat yang belum tau saja ni, terhubung ke jaringan wifi tanpa harus tau atau memasukan passwordnya.


Penasarankan ?. Oh iya saya orang biasa ya , bukan hacker atau orang suka ngebobol wifi heee.. jangan sampe pikir saya membobol wifi orang ya, karena di judul di katakan bahwa tersambung ke wifi tanpa memasukan password.

sumber gambar : UNPI

Ya memang benar tanpa memasukan password kita sudah dapat terhubung ke jaringan wifi ya. Namun sekali lagi ini bukan tindakan pembobolan atau masuk secara paksa itu jelas melanggar aturan ya, bisa saja di tangkap . Hee

Lalu sebagian sobat pasti berfikir palingan di masukan password sama pemilik wifinya , jadi kan tidak masukan password sendiri ya kan ? Hee bukan.

Lantas , bagaimana caranya ?

Mari kita bahas, di era yang penuh dengan digitalisasi ini mempermudah kita untuk saling berbagi saling share satu sama lain, tentunya juga secara digital. Termasuk dengan topik kita kali ini nih sobat .. he

Sudah sangat penasaran rupanya , caranya mudah sekali. Berikut caranya.

1. Satu smarphone terhubung.
Ya , hal terpenting adalah sobat harus bersama teman , saudara atau kerabat yang sebelumnya sudah terhubung. Kalau begitu ya tinggal tanya saja ke dia apa passwordnya dong ? Ya bisa seperti itu dan selesai, namun bagaimana jika dia lupa atau dia memang tidak mengetahui passwordnya ? Ya tentunya perhatikan langkah yang kedua  .

2. Share WIFI
Setelah sobat dapat orang yang terhubung ke wifi tersebut sobat pinjam saja hpnya tapi ijin dulu ya, dan pastikan diizinkan sama pemiliknya. Lalu sobat lakukan hal ini :

A. Buka menu Wifi atau tekan lama di logo wifi lalu akan di direct ke halaman setting wifi serti dibawah ini :

Nah selanjutnya sobat tekan icon pengaturan pada lingkar merah untuk membuka pengaturan wifi yang sedang terhubung tersebut, ingat pastikan status Wifi Terhubung ya , artinya ada koneksi internetnya karena sasaran kita kan koneksi internetnya. Hee jangan sampai tidak terhubung atau terhubung tanpa koneksi internet ya gak perlu sobat minta dihubungkan .
Oke selanjutnya ..

Setelah menekan icon pengaturan tadi , sobat akan di direct ke halaman setting wifi seperti gambar di atas, pastikan SSIDnya sudah benar dan yang paling penting menu di bagian bawah yaitu :
1. Icon Sampah
Untuk menghapus koneksi atau menghapus semua tentang wifi tersebut. Hee
2. Kode QR
Untuk menampilkan kode QR wifi, nah yang kita gunakan adalah icon ini untuk terhubung. Nah coba di cek saja deh langsung ketika di klik akan muncul seperti gambar di bawah :

Ya , akan muncul kode QR seperti gambar di atas (ini di HP teman sobat ya ) , terus bagaimana cara sobat men-scannya .. oke lanjut, namun sebelumnya saya jelaskan menu di bagian bawah :

1. Simpan gambar
Sobat juga dapat menyimpannya sebagai gambar sehingga nanti mau di cetak dan di tempel dimanapun bisa , kalau mau terhubung tinggal scan saja. Hee.

Maka dari itu tips penting nih buat kalian yang punya wifi di rumah : jangan sembarangan kasih kode wifi ke orang lain. Kalau mereka bayar mah gak apa apa.

Ya siapapun jika sudah terhubung dapat membagikannya ke siapapun. Lanjut ..

2. Bagikan
Dengan bagikan sobat dapat membagikannya kemanapun , baik menggunakan url , WA facebook dan media chating lainnya seperti gambar dibawah ini :
Tentunya sangat memudahkan untuk saling berbagi, namun akan sangat merugikan pemilik wifi jika wifinya misalkan disewakan untuk mendapatkan penghasilan.

Nah kalau begitu sobat harus bayar , atau setidak memberitahu ke pemilik wifi bahwa sobat ingin menghubungkan ke jaringan wifinya.

Ya kan kasian juga pemilik wifi ada yang harus mereka hidupi. Ya pikir seperti diri sobat sendiri saja. 

Oke lanjut.. ke intinya lalu bagaimana cara men-scan QR code yang sudah kita dapatkan tadi , begini caranya :

Sobat hanya perlu mengakses menu pengaturan wifi atau tekan lama lama pada icon wifi sehingga membuka halaman seperti gambar di atas. Perhatikan lingkaran Hijau , nah itulah yang digunakan untuk mwn-scan QR Code WIFI , ketika sobat klik akan membuka kamera , jika perlu izin akses kamera sobat izinkan saja atau allow access dan scan deh nanti akan loading untuk mendapatkan alamat IP daaaan terhubung deh.

Note : tidak semua smartphone suport scanner QR wifi ya, namun smartphone yang baru baru rilis sudah pasti sudah ada fitur tersebut , tergantung harga dan kualitas juga. Hee

Sekarang coba cek pada smartphone kalian apakah sudah ada fitur tersebut ? Jika belum ya bersabarkan namun jangan putus asa , kan masih ada url atau tautan yang bisa di klik hingga terhubung.. hee..


Demikia informasi kali ini , semoga betmanfaat..

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: