Friday, July 16, 2021

Cara dan apasaja yang dibutuhkan untuk membuat halaman di facebook (Facebook Fanpage)

 Facebook adalah media sosial yang sangat populer bagi semua pengguna smartphone, dari kalangan anak anak , remaja sampai orangtuapun sudah memiliki akun facebook.

Untuk membuat facebook baru , anda cukup kunjungi : https://www.facebook.com/ Ikuti langkah langkah yang diminta saat pendaftaran. hal yang paling penting anda siapkan adalah email / nomor telepon dan password yang nanti akan digunakan untuk login atau masuk pada akun facebook yang sudah dibuat.

Namun kali ini saya akan memberikan cara bagaimana cara membuat Fanpage atau halaman di facebook ?


Dengan memiliki halaman di facebook kita bisa menjadikannya media promosi , penjualan , penyampaian informasi dan lainnya. fanpage facebook akan tampil seperti akun facebook orang pribadi, namun bedanya untuk mendapatkan informasi yang ada pada fanpage tersebut kita tidak perlu menambahkannya sebagai teman, namun cukup menyukai fanpage tersebut atau sesuai pengaturan yang diterapkan pada masing masing halaman facebook.

Beberapa contoh fanpage atau halaman facebook adalah Milik sekolah , instansi pemerintah, rumah makan dan sebagainya.

Oke langsung saja simak bersama bagaimana membuat halaman facebook.

1. Memiliki akun facebook (Orang Pribadi)

Ya, anda harus memiliki facebook individu terlebih dahulu untuk membuat sebuah halaman, nah facebook tersebut yang akan mengelola semua aktifitas halaman facebook yang dibuat.

2. Menyiapkan Bahan bahannya.

Ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum membuat sebuah halaman, artinya anda harus memiliki data yang lengkap tentang halaman yang ingin di buat, seperti :

  1. Nama Halaman
  2. Katerangan lengkap
  3. Jenisnya
  4. Foto Profil
  5. Foto sampul
  6. Nama sebutan (biasanya akan di samakan dengan nama halaman yang terbuat contoh : @rumahmakan)
  7. Alamat lengkap
  8. jam operasional
  9. Email
  10. Website
  11. dan lainnya.
List di atas ada yang wajib kita siapkan, ada yang optional atau tidak wajib di penuhi.

3. Proses pembuatan.

A. Buka facebook yang sudah terdaftar.
B. Klik menu Halaman (Biasanya ada di sebelah kiri , saya menggunakan facebook web)
C. Nah kemudian akan tampil list  halaman yang pernah anda buat, jika kosong berarti memang belum ada halaman yang terbuat.
D. Klik Buat Halaman Baru Pada menu halaman sebelah kiri atau ditengah tengah halaman facebook anda, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

E. Isilah pada form pendaftaran sesuai yang diminta oleh facebook seperti Nama, kategori, keterangan dan gambar gambar yang diminta.



nah, jika sudah diisi maka selanjutnya :

F. Tekan tombol Buat halaman , jika tombol Buat Halaman tidak aktif atau warnanya redup artinya ada yang wajib anda isi namun belum terisi.

G. Selanjutnya sobat diminta untuk memasukan Foto Profil dan foto sampul dari halaman sobat.
Selengkapnya dapat dilihat gambar berikut apa yang harus diisi setelah halaman terbuat :
H. Isilah form yang selanjutnya seperti email (jika ada), Website (Jika ada) dan beberapa pengaturan yang akan sobat terapkan pada halaman sobat.

Pendaftaran selesai jika sobat sudah diminta untuk membuat sebuah postingan, ya tergantung soba ingin langsung memposting sesuai atau tidak, namun saya sarankan posting saja seadanya seperti ucapan selamat datang di halaman saya atau apalah sesuai jenis halaman yang sobat buat.

Sangat simple membuat fanpage facebook bukan..!

Oke, Selanjutnya apa yang harus dilakukan ?

Setelah halaman sudah tercipta selanjunya sobat ajaklah teman teman facebook sobat untuk menyukai halaman tersebut dengan cara mengundang secara pribadi atau sobat undang melalui link yang nantinya akan di arahkan untuk melihat halaman sobat..

Sobat dapat mencustome halaman sobat semenarik mungkin, dan jangan lupa untuk melengkap data informasi halaman facebook sobat, semakin lengkap akan semakin disukai oleh facebook dan penggemar.

Demikian , Tutorial kali ini , semoga bermanfaat..

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: