Thursday, July 29, 2021

Cara perpanjang domain di niaga hoster , jangan sampai expired.

Memiliki domain sendiri adalah impian saya sejak lama, alhamdulillah terlaksana sekitar beberapa tahun yang lalu, Domain yang sudah kita beli biasanya harus kita perpanjang tiap tahun. jika kita terlambat bayar atau melewati masa expired maka domain sobat tidak dapat lagi di akses. karena sudah expired guys.

Domain saya pernah sampai expired , apa akibatnya ? sebenarnya tidak ada dampak apa apa bagi website saya hanya saja tidak dapat di akses, juga mungkin terkena denda atau penambahan biaya karena saya telat membayar . lalu bagaimanakah memperpanjang masa aktif domain kita ?

Saya beli domain di niaga hoster, jika ditanya alasannya ya lebih enak saja dan nyaman. heee. ini adalah bulan perpanjangan domain saya.

Berikut caranya ? mari kita simak bersama.

1. Niaga hoster

Akses niaga hoster , login dulu ke member areanya kemudian akses menu Layanan Anda seperti gambar dibawah ini :



Nah setelah masuk pada member area maka pilih menu domain, maka akan tampil list domain anda seperti gambar di atas. kemudian pilih salah satu domain yang ingin sobat perpanjang dengan cara klik tombol kelola domain maka akan tampil seperti berikut ini :



Scroll kebawah sampai ada tombol perpanjang sekarang, maka tekan tombol perpanjang sekarang di pojok kanan bawah , akan tampil seperti berikut ini :


akan muncul pop up seperti diatas yang berisi detail domain anda dan detail nominal pembayaran yang harus sobat bayar, tekan Perpanjang Sekarang untuk melanjutkan , namun di saya punya muncul notif sebagai berikut :


" Mohon maaf, tagihan perpanjangan sudah dibuat, silahkan periksa menu tagihan " itulah isi notifikasi yang muncul, terus apa yang harus sobat lakukan ? tenang, itu artinya bahwa tagihan sudah dibuat otomatis sebelumnya oleh sistem niaga hoster. sekarang kita akses menu tagihan sesuai petunjuk notifikasi seperti dibawah ini :


Klik menu tagihan dibawah menu layanan anda maka akan muncul seperti gambar di atas, nah sobat pilih tagihan yang sesuai tagihan yang ingin sobat bayar, karena saya punya lebih dari 1 domain yang sudah hampir mendekati masa expired maka tampil banyak list disitu, jika sobat hanya memiliki 1 domain maka akan tampil 1 saja tagihannya.

next, sobat klik Informasi Pembayaran terlebih dahulu untuk mengecek tagihannya, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


ya, seperti cara pembelian domain yang sudah saya tuliskan caranya , sobat dapat melihat bagaimana cara membeli domain di niiaga hoster , kunjungi : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-beli-domain-sendiri-di-niaga.html

kita lanjut pada topik kita diatas adalah metode pembayaran yang akan kita gunakan untuk membayar, jika sobat ingin menggunakan pembayaran yang disarankan oleh niaga hoster sobat langsung saja klik tombol Lanjutkan Pembayaran Lingkar hijau , atau klik Ganti Cara Pembayaran Jika sobat ingin memilih metode pembayaran yang lain atau sesuai yang ingin sobat inginkan , seperti gambar berikut :


karena saya ingin melakukan pembayaran dengan cara lain yang ditawarkan niaga hoster maka akan tampil seperti diatas setelah saya klik tombol ganti cara pembayaran , pada lingkar biru adalah jenis pembayaran otomatis dan pembayaran menggunakan dompet digital seperti goopay, ovo dan lainnya , yang nanti sobat tidak perlu mengkonfirmasi lagi pembayarannya karena akan diperiksa otomatis.

sedangkan pada lingkar hijau adalah pembayaran manual yang mana setelah mentrasnfer atau membayar sobat harus mengkonfirmasi pembayaran yang telah dilakukan dengan memasukan atau meng-upload gambar bukti transfer.

nah, disini saya pilih transfer manual untuk pembayaran perpanjangan domain pada kali ini , maka akan tampil seperti diabwah ini :


Nah itulah tampilan transfer manual, ada berbagai macam bank yang bisa digunakan tergantung sobat ingin menggunakan yang mana. klik pada kotak merah list bank, kemudian klik tombol Pilih cara pembayaran maka akan muncul seperti berikut :



Perhatikan pembayarannya pada bilah sebelah kiri pastikan sobat mentransfernya hingga digit terakhir.
oke saya transfer dulu , lalu saya klik konfirmasi pembayaran untuk mengkonfirmasi bahwa saya sudah melakukan pembayaran.

mari kita konfirmasi di halaman berikut ini :


Pertama pilih bank yang digunakan sobat untuk mentrasfer kemudian pilih dokumen atau bukti transfer sobat, kemudian isi catatan dan langkah terakhir adalah tekan tombol KIRIM, jika langsung berhasil maka akan dapat email seperti berikut ini :



yah itulah isi emailnya bahwa pembayaran telah diterima dan layanan sudah diperpanjang, jika pada konfirmasi terdapat notifikasi sobat harus menggu hingga 5 menit , ya sobat tunggu saja 5 menit kemudian tekan tombol KIRIM , hingga mendapatkan email bahwa pembayaran sudah diterima dan layanan sudah diperpanjang.

Catatan : jika mengalamai kendala pembayaran sobat dapat menggunakan bantuan niaga hoster , biasanya cepat di tindak lanjuti, intinya aman deh., heee.. bukan endorse ya .. hee

Sekian informasi kali ini semoga bermanfaat...

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: