Wednesday, August 11, 2021

Cara melakukan menambahan stock atau jumlah barang pada ASY.POS Lite

Melakukan penambahan pada aplikasi kasir pintar ASY.POS Lite anda harus melakukan dengan transaksi pembelian. dari pembelian tersebut akan di tambahkan data stock atau jumlah sesuai jumlah yang dimasukan pada proses pembelian barang.

Berikut cara melakukan menambahan stock atau jumlah barang pada ASY.POS Lite

1. Login / Masuk

Masuk pada ASY.POS dengan menggunakan username dan password yang terdaftar, pada ASY.POS user tertinggi adalah administrator / pemilik tempat usaha.


jika muncul jika proses masuk gagal seperti gambar berikut maka kemungkinan username dan password


Maka masukan username dan password yang valid

Jika berhasil akan ditampilkan sebagai berikut :




 2. Akses menu Transaksi - Pembelian




akan ditampilkan halaman transaksi pembelian atau halaman penamabahan jumlah barang / stock barang seperti berikut ini :


lakukan pencarian barang pada form pencarian yang disediakan (Kotak Merah), seperti berikut ini :


jika barang tersedia akan ditampikan seperti gambar diatas , dan masukan jumlah yang ingin ditambahkan, pada bagian form tersebut juga ada form untuk mengupdate harga beli dan jualnya tekan tombol MASUKAN atau ENTER pada keyboard untuk memasukan barang tersebut pada barang pembelian, seperti gambar berikut :


lingkar hijau adalah informasi tentang penambahan data , hijau berarti berhasil atau dapat dibaca pada informasi yang di tampilkan,

Lingkar merah artinya barang sudah masuk pada keranjang pembelian, jika terjadi kesalahan bisa menekan tombol HAPUS untuk menghapus, namun jika ingin menambah jumlah maka cukup memasukan barang yang sebelumnya dimasukan dengan jumlah yang ingin di tambahkan, misalkan pada proses pertama dimasukan 1 barang, ternyata barangnya ada 3 maka lakukan atau masukan lagi dengan mengisikan pada kolom jumlah 2 lalu tekan ENTER. maka jumlah otomatis di upgrade ke 3.


pada notifikasi menginformasikan 'Yeah Barang sudah ada dalam list transaksi, sudah di tambahkan dengan jumlah sebelumnya'.


Apakah proses pembelian selesai ?, BELUM.

Selanjutnya diproses pembeliannya dengan menekan tombol PEMBAYARAN atau menekan pada keyboard tombol F4 maka akan muncul popup pengisian form pembelian seperti berikut ini :



Silahkan pilih asal darimana barang tersebut (suplier yang memasukan barang tersebut ) belum terdaftar supliernya ? lakukan input supliernya terlebih dahulu , lihat caranya : https://www.ydprog.com/2021/08/cara-memasukan-data-suplier-atau.html

jika suplier telah dipilih selanjutnya isikan jumlah atau nominal sesuai total pembayaran. tekan BAYAR untuk menyelesaikan pembayaran.



jika sudah tampil seperti gambar diatas artinya pembelian sudah berhasil dilakukan, silahkan lakukan pengecekan pada barang barang yang sudah di lakukan pembelian atau penambahan stock tadi stocknya sudah bertambah sesuai dengan yang kita inputkan .

A. Tekan tombol cetak atau tekan tombol Page Down pada keyboard untuk mencetak struk pembelian.
B. Tekan END untuk tidak mencetak

Penambahan stock / jumlah barang telah selesai .


ketika melakukan pencarian dan sistem memberikan informasi 'Tidak ada barang yang ditemukan' artinya barang tersebut belum terdata pada sistem.

Jika barang belum terdaftar atau belum di masukan tekan tombol + Barang atau tekan tombol INSERT pada keyboard, maka akan muncul pop up penambahan data barang sebagai berikut :



Isikan pada form yang tersedia, dan tekan proses untuk menyimpan data barang yang telah dimasukan.

atau dapat melihat cara berikut untuk menambah barang , lihat di : https://www.ydprog.com/2021/08/cara-memasukan-data-barang-atau-bahan.html

Selesai..


Salam Hangat . Syamsul Yadi

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: