Monday, August 2, 2021

Cara memonitoring kemampuan (BAHASA ARAB) anak di e-learning SMP cendekia ambon , Akun Orang Tua.

  Untuk memonitoring kemampuan ber-bahasa arab ananda orantua harus login terlebih dahulu menggunakan akun yang sudah terdaftar sebagai berikut :


Setelah login akan tampil halaman utama , scroll ke bagian bawah hingga mendapatkan menu monitoring seperti gambar dibawah ini :



setelah itu akan di direct halaman pemilihan ananda yang akan dimonitoring , seperti gambar berikut ini :


Jika memiliki lebih dari 1 anak maka akan ada list nama nama anda disitu. kemudian pilih apa yang ingin orang tua monitoring, kali ini saya berikan cara memonitoring kemampuan berbahasa arab saya akan klik  tombol bahasa arab maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :



Ada beberapa tombol dalam memonitoring kemampuan ananda dalam berbahasa arab sebagai berikut :

1. TULIS (Al-kitabah)
Ananda akan dinilai oleh guru bahasa arab dari kemampuan menulis arab, ketika menekan tombol tulis akan tampil seperti berikut ini :



akan ditampilkan grafik perkembangan menulis arab , juga ada tombol untuk mem-filter kemampuan ananda perbulan, dengan mengklik filter perbulan maka akan tampil berikut :


orang tua memilih bulan yang akan di lihat juga memilih tahun kemudian tekan filter untuk mendapatkan hasilnya.

Pada posisi dibawah grafik akan ada riwayat penilaian menulis arab ananda seperti gambar berikut :




ada tanggal penilaian, kemudia nilai beserta catatan guru terkait penilaian . lanjut pada bagian 2.

2. MEMBACA (Qiro'ah)

ketika tombol ditekan akan menampilkan halaman riwayat penilaian membaca ananda :



Mulai dari grafik pada bagian atas dan riwayat penilaian membaca ananda, fungsi menu filter sama dengan filter tulis, hanya saja kali ini adalah filter membaca.

3. BICARA (AT-TAKALLUM)

Ketika tombol bicara di klik akan tampil seperti berikut :


Ada grafik dengan riwayat penilaian bicara atau at-takklum di bawah grafik, fungsi tombol filter sama dengan menu sebelumnya namun yang di tampilkan adalah penilaian bicara.

4. MENDENGAR (As-sima')




Tampilan sama dengan menu sebelumnya namun semua data dan tombol yang di tampilkan khusus untuk penilaian Mendengarkan (As-sima').


sama dengan menu sebelumnya menu grafik di bagian atasnya dan riwayat penilaian Mendengarkan dibawahnya.

Kembali pada menu depan (Monitoring Bahasa Arab) ada grafik kesimpulan ke empat penilaian tersebut (Tulis, Baca , Dengar dan Bicara) seperti gambar berikut :




Pada bagian bawah grafik ada data guru guru bahasa arab yang dapat dihubungi secara langsung oleh orang tua dengan meng-klik tombol Hubungi Guru.

Selesai ..

Perhatian : di atas adalah data dummy atau bukan data yang sebenarnya , gambar dan data tersebut hanya digunakan untuk keperluan pembuatan panduan.

Terimakasih ..


TTD : Syamsul yadi

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: