Tuesday, August 10, 2021

Cara membuat halaman Contact Us atau Hubungi Kami di blogger

 Contact Us atau Hubungi kami sangat penting ada di website atau halaman blog kita, selain sebagai salah satu syarat untuk diterima oleh google adsense juga sebagai perantara menghubungkan pembaca dengan penulis.

Contact Us atau Hubungi Kami seperti contoh di https://www.ydprog.com/ ini yang dilihat pada https://www.ydprog.com/p/contact-us.html akan menampilkan form atau data yang diminta untuk menghubungi https://www.ydprog.com/.

Contoh halaman contact us saya sebagai berikut :



Halaman contact us di atas saya buat menggunakan Google form , bagaimana membuatnya ?

Pertama kita buat dulu Google formnya dengan cara :

1. Login ke Gmail.
saya sarankan menggunakan Google Chrome browsernya supaya selaras.

2. Akses google Drive


jika sudah berhasil login akan ada gambar profil kita pada chrome seperti gambar diatas. untuk mengakses Google Drive kli menu Driver , akan dibuka google drive seperti berikut ini :



buatlah folder baru, dengan mengkil Drive saya lalu pilih folder baru dengan nama WEBSITE sobat, contoh YDPROG , hal ini bertujuan untuk mengklasifikasi file file yang ada di drive kita yang nantinya dapat mempermudah kita menemukan file yang kita cari pada google drive.

Selanjutnya ..


buatlah folder baru lagi dengan nama FORM, artinya segala form pada website kita akan ditampung ada di kumpulkan pada folder FORM, seumpama ada lagi PowerPoint , Word nah buatkan folder yang berbeda pula agar mempermudah sobat mengaksesnya.

Selanjutnya Klik kanan dalam folder FORM tadi 


 kemudian pilih Google Formulir maka akan ditampilkan sebagai berikut :


Isikan pada judul Contact Us, untuk data lengkapnya sobat dapat mencontoh halaman contact us saya di : https://www.ydprog.com/p/contact-us.html

buat form seperti saya punya, seperti meminta Nama , email dan lainnya. samakan saja seperti punya saya.

Setelah semua form telah terbuat maka langsung klik tombol kirim pada pojok kanan atas, akan tampil sebagai bebrikut :


1. Klik tombol kirim
2. Pilih tab Frame
3. Salin kode.

Selanjutnya buatlah halaman baru pada blog sobat dengan cara sebagai berikut :

1. Masuk Blogger
akses https://www.blogger.com/ lalu signin atau masuk dengan akun yang sudah terdaftar.

2. pilih halaman atau page

Kita akan membuat sitemap menggunakan halaman , saya sarankan jangan menggunakan postingan ya.
Setelah itu buat halaman baru dengan  klik + Halaman baru, seperti gambar berikut ini :


maka akan membuat sebuah halaman kosong seperti gambar berikut :


isikan pada kolom judul dengan 'Contact Us', seperti gambar berikut ini :



Setelah itu kita menulis kodenya, namun sebelumnya harus mengganti tampilan menulis biasa menjadi menulis HTML , bagaimana caranya ?


klik icon pensil pada bagian paling kiri tools blogger, kemudian ganti dari Tampilan menulis menjadi tampilan HTML, seperti berikut :


kemudia kita lihat halaman untuk memposting berberda dari sebelumnya, seperti gambar berikut :




Di atas adalah tampilan kita menulis menggunakan kode kode . bersihkan halaman menulis terlebih dahulu dengan ctrl+A atau blog semua daam kolom lalu hapus.

Jika sudah , copy dan tempelkan kode google yang tadi sudah di salin di dalam form menulis HTML. seperti gamnbar berikut ini :


Perhatikan pada cuplikan kode "width="640" height="948"" gantilah pada bagian height pada ukuran yang lebih besar dari bawaan google form contohnya 1000 , kenapa demikian ? agar tidak ada scroll pada halaman contact us kita nantinya.

nah di atas "width="640" height="948"" pada bagian height (tinggi) adalah 948 saya akan ganti 1000 agar tampilannnya maksimal, pada bagian width (lebar) dibiarkan default atau bawaan boleh atau bisa memperkecilnya , intinya nanti dicoba jika dirasa tidak pas maka sobat dapat menambah atau menguranginya.

Setelah ditempelkan atau di paste selanjutnya sobat klik Publikasi atau perbarui.

sekarang coba lihat hasilnya..

Jika tidak mucul seperti punya saya  https://www.ydprog.com/:



mungkin ada kesalahan pada kode atau kesalahan peletakan kodenya, coba diperhatikan dengan baik , terutama pastikan sobat menggunakan Tampilan Html bukan tampilan menulis pada blog.

Sekian sampai disini semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: