Sunday, August 1, 2021

Hobi menulis online dan dapat uang dari tulisan , bagaimana caranya?

Memiliki hobi menulis tapi hanya disimpan di note? Hobi menulis namun hanya jadi catatan ? Hobi menulis hanya menulis di story WhatsApp ? Hobi menulis namun hanya di story facebook ? Waduh sayang sungguh sayang bagi sobat yang hobi menulis namun hanya terbuang sia sia.


Misalkan kita menulis puisi , kata kata mutiara dan tulisan tulisan bagus lainnya namun hanya di tempel di story , wah saya rasa percuma karena hanya paling lama akan bertahan 24 jam saja lalu terhapus.

Tulisan sobat hanya dibaca oleh sebagian orang saja. Ada juga dari sobat yang hanya mencatatnya di buku catatan , akhirnya yang baca hanya sobat sendiri tidak ada seorangpun yang membaca , disini yang saya maksud adalah tulisan tulisan yang sifatnya bukan rahasia , privasi pribadi namun tulisan yang sifatnya publik atau siapapun sebagai sebuah motivasi , contoh dan sebagainya.

Jika itu private baiknya di simpan baik baik ya. Ada pula yang menulisnya di note di smartphone , sama halnya dengan menulis di buku catatan sama sama tidak ada orang yang bakal tau tulisan tulisan sobat.

Menulislah agar tulisanmu dapat di baca oleh generasi penerusmu. Nampaknya kata kata itu tidak akan terlaksana jika sobat hanya menyimpannya rapat rapat.

Sumber gambar : https://cdn.dribbble.com

Terus , bagaimana caranya agar orang lain tau tentang tulisan kita ?

Banyak cara untuk menulis agar dapat dilihat orang lain salah satunya adalah dengan memiliki sebuah blog atau website yang nantinya tulisan tulisan sobat dapat dibaca siapapun yang mencarinya , mungkin tulisan tulisan sobat akan sangat bermanfaat bagi orang lain , contoh tutorial dan sebagainya. Mungkin pengalaman pribadi , perjalanan dan lainnya dapat sobat tulis.

Terlebih lagi tulisan sobat dapat menjadi penghasilan tambahan bagi sobat , jadi sobat menulis dan dapatkan penghasilan darinya .

Bagaimana cara menulis online dan dapat penghasilan dari tulisan tulisan kita ?

1. Memiliki Blog
Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah memiliki blog atau website yang nantikan akan dijadikan tempat atau penampung tulisan tulisan kita.




Bagaimana cara membuat blog dengan mudah , berikut caranya, sobat dapat membacanya dengan mengklik tautan berikut :

Setelah punya blog artinya sobat sudah memiliki blog maka selanjutnya mulailah menulis, jangan pikirkan untuk dapat penghasilan dulu karena itu butuh proses dan ketekunan, nah salah satunya adalah memiliki tulisan uang unik, artinya tidak ada kesamaan pada tulisan orang lain, ya sobat jika menulis sendiri tentunya akan unik. 

Berikut tatacara membuat postingan pertama blogger

Pelajari juga cara membuat postingan pertama di blog di : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-membuat-postingan-pertama-di.html?m=1

Setelah membuat postingan sobat dapat memodifikasi tampilan agar enak di pandab oleh pemirsa atau pembaca tulisan sobat, tampilan juga sangat mempengaruhi tulisan sobat dapat mendapatkan penghasilan, namun secara detailnya akan saya jelaskan pada artikel berikutnya , namun sobat dapat memodifikasi tampilan yang disediakan gratis, caranya sebagai berikut :

Customisasi tema blog anda dengan menggunakan tema gratis dari blogger , dengan cara seperti berikut dapat dilihat pada :

Nah setelah blog tercipta , sudah punya tulisan dan sudah customisasi tema berhasil ya meski masih menggunakan tema yang gratis. Apa selanjutnya ?

2. Memiliki domain custome (domain sendiri)

Ketika berhasil membuat blog sobat akan dapat domain gratis seperti : namablog.blogspot.com , nah domainnya adalah .blogspot.com domain tersebutlah yang harus kita ubah atau costum contoh dari namablog.blogspot.com di custome menjadi ydpro.com . Sudah lihat perbedaannya kan , jadi yang awalanya .blogspot.com (gratis) di pindah ke .com (berbayar).





Langkah langkah untuk mencustome domain sebagai berikut :

A. Membeli domain.
Domain custome tidaklah gratis sobat , sobat harus membelinya untuk mendapatkannya , yah tidak mahal mahal amat kok tergantung dari sobat belinya dimana .

Bagaimana membeli domain ?

Dapat dilihat pada link berikut untuk langkah langkah membeli domain sendiri :

Setelah mendapatkan atau berhasil membeli domain saatnya migrasi domain artinya domain kitabyang awalnya .blogspot.com akan di alihkan ke domain yang sudah kita beli. Bagaimana caranya ?

Lihat disini cara mengalihkan domain blogspot ke domain costume : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-custome-domain-atau-beralih-domain.html?m=1

Jika domain expired dapat ikuti langkah berikut untuk memperpanjangnya :

Setelah beli domain dan telah beralih domain maka selanjutnya adalah :

3. Perindah Tampilan.

Untuk mendapatkan persetujuan google sobat harus memenuhi persyaratannya salah satunya adalah blog kita memiliki tampilan  yang menarik seperti , reaponsive , seo frendly dan lainnya.




Jika tidak paham tentang ini sobat dapat meminta bantuan pada orang yang ahli dibidangnya , karena bagiannya ini butuh keahlian khusus untuk mendesain tema kita.

Atau sobat dapat memesannya disini (ydpro.com) lho. Heee.. hubungi saya saja.. promosi promosi guys..


Setelah tampilannya bagus siap siap untuk mendapatkan penghasilan.

Selanjutnya adalah : 

4. Daftar Google adsense

Untuk mendapatkan penghasilan sobat harus mendaftar google adsense , dengan beberapa persyaratan yang diminta oleh adsense blog sobat akan menampilkan iklan google , nah iklan tersebutlah yang jadi sumber penghasilan kita.




Gak mau ribet ? Pesen saja disini (ydprog.com) , atau pesan langsung dengan klik : https://www.ydprog.com/p/pesan-website-atau-aplikasi-berbasis-web.html?m=1

Atau sobat dapat menghubungi langsung via WhatsApp (khusus yang kenal saja ) supaya lebih cepat prosesnya. Heee..

Untuk dapat diterima oleh adsense harus memenuhi berbagai persyaratan dari adsense yang harus dipenuhi oleh sobat, jika di ajukan di tolak , itu hal biasa , perbaiki kesalahannya lalu ajukan lagi , hingga adsense anda di terima.

Namun jika tidak paham , sobat pesan saja disini. Heee

Nah setelah selesai semuanya , dan blog anda sudah di setujui oleh adsense maka selanjutnya tinggal sobat nulis deh tiap hari .
Linknya di share di grup grup atau media sosial agar banyak yang melihat tulisan sobat.

Semakin banyak pengunjung semakin besar pula penghasilan kita. 

Jadi rajin rajinlah menulis dan share tulisanmu sobat.

Demikian informasi kali ini semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: