Wednesday, July 14, 2021

Cara membuat blog terbaru 2021 dengan sangat mudah dan cepat

 Apasih fungsi blog? ya pertanyaan itu pasti dipertanyakan oleh orang yang baru ingin mendalami dunia blog. secara umum blog sangat berguna bagi seseorang yang ingin berbagi informasi memakai teknologi, dapat di akses kapanpun dan dimanapun tentunya dengan koneksi internet. blog juga dapat memberikan penghasilan tambahan dengan memonitisasi blog yang sudah dibuat, karena blog (blogger) ini milik google tentunya dengan ketentuan dan syarat yang diterapkan oleh google.

Oke langsung saja kita ke topiknya yaitu cara membuat blog dari awal hingga selesai.

1. Daftar Email (Gmail).

Ya, hal utama yang harus anda miliki adalah memiliki sebuah email yaitu Gmail. jika belum memilikinya anda harus mendaftar terlebih dahulu di Daftar Gmail .

2. Kunjungi https://blogger.com

Setelah sobat memiliki email maka selanjutnya buka Browser sobat, apa saja mulai MS Edge, Firefix Chrome dan lainnya. Saya sarankan memakai Chrome agar selaras semua produk google, sobat buka emailnya juga dalam satu browser yang sama ya.

Download Chrome : Download Chrome

Untuk tutorial ini saya menggunakan Mozilla Firefor karena Chrome sedang login dengan akun yang lain. Sekarang kunjungi https://www.blogger.com maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :


Langsung saja tekan tombol Buat Blog ..
Nah jika anda belum login email , makan halaman selanjutnya akan di tampilkan halaman login email (Gmail) anda. jika sudah masuk maka akan tampil seperti gambar dibawah :
Sobat akan diminta memasukan Judul dari halaman Sobat , disini saya akan buat judul blog saya dengan nama "ATAP TEDUH" (Sebuah pengarang buku yang sudah terkenal karya karyanya).
Nah, setelah memasukan judul sobat akan diminta masukan alamat blog sobat sekalian, isi huruf kecil semua tanpa spasi contoh saya akan memasukan atapteduh.blogspot.com, yang saya masukan hanya 'atapteduh' saja ya. Jika muncul tanda merah dengan kata Maaf, alamat blog tidak tersedia artinya alamat yang sobat masukan tidak ada jadi sobat harus membuatnya hingga warna merah tidak ada lagi atau info yang ditampilkan 'Alamat blog ini tersedia'.

Disini saya masukan atapteduh warna merah.
Sedang saya kasih masuk atapteduhku muncul keterangan Alamat blog tersedia seperti gambar di bawah :
maka saya akan pakai alamat blog lengkapnya https://www.atapteduhku.blogspot.com 
selanjutnya tekan Berikutnya 

dan akan tampil seperti gambar dibawah :
Nah disini sobat diminta memasukan nama tampilan blog sobat sekalian, Oh iya sebenarnya semua ini dapat di ganti di kemudian hari kecuali nama domain anda (blogspot) tidak dapat diganti lagi keculai beli domain custome.


Disini nama tampilan saya berikan nama 'ATAP TEDUH' kemudian tekan SELESAI.

Setelah di tekan selesai maka sobat akan di direct ke halaman administrator pengolah postingan dan setting dari blogspot sobat, sobat dapat membaca beberapa informasi peraturan dan perundang undangan yang di tampilkan..
Selamat blog anda berhasil dibuat...

Nah bagaimana cara akses blog yang sudah di buat ?

perhatikan ada tombol lihat blog di bagian paling bawah menu sebelah kiri, sobat akan dibawa pada tampilan default blogspot sobat. seperti gambar dibawah :


Nah, tampilan di atas adalah tampilan default blog yang sudah sobat buat, belum ada postingan apapun didalamnya.

Next akan saya berikan informasi bagaimana cara mencustome template atau tema blog agar terlihat lebih menarik. pantau terus halaman http://ydprog.com/

Sekian semoga bermanfaat..











Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: