Thursday, July 29, 2021

Cara custome domain atau beralih domain dari blogspot ke domain sendiri, Mudah kok !

 Untuk mendaftarkan blog kita pada adsen tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, salah satunya adalah domain custome atau domain yang kita miliki sendiri , nah bagaimana cara membeli domain sampai selesai , sobat ikuti tatacaranya di : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-menulis-di-blog-di-hp-ternyata.html

Langkah utama memang sobat harus memiliki blog dulu, nah disini saya menggunakan blogger untuk menulis postingan saya, jika sobat belum membuat blog atau ingin membuat blog dapat membaca beberapa artikel berikut :

1. Cara membuat blog dengan mudah !

Cek disini : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-membuat-blog-terbaru-2021-dengan.html

2. Cara membuat postingan pertama pada blog !

Cek disini : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-membuat-postingan-pertama-di.html

3. Cara mudah memposting menggunakan hp / smartphone kita !

Cek disini : https://www.ydprog.com/2021/07/cara-menulis-di-blog-di-hp-ternyata.html

4. Cara membeli domain custome untuk blog kita !

Cek disini :https://www.ydprog.com/2021/07/cara-beli-domain-sendiri-di-niaga.html

Semua link aman kok, semuanya direct di ydpro.com saja.

Nah selanjutnya adalah halaman ini , oke mari kita lanjut , bagaimana jika kita sudah melakukan semua hal di atas ? nah selanjutnya sobat alihkan domain yang awalnya namablog.blogspot.com menjadi domain custome contoh seperti blog saya ini https://www.ydprog.com/ nah awalnya juga sama seperti sobat nama domain saya yang di dapat secara gratis dari blogger berakhiran .blogspot.com. namun saya ganti ke domain custome agar dapat di monitisasi dann lebih professional. heee

Oke next bagaimana mengalihkannya , mari kita simak bersama sama :

1. Niaga hoster

Ya, karena saya beli domainnya di niaga hoster maka saya akses member area di niaga hoster. untuk mendaftar niaga hoster dan membeli domain silahkan sobat baca dulu list artikel yang sudah saya berikan linknya di atas .

Setelah di niaga hoster member area sobat lakukan hal berikut :

A. Akses menu layanan anda dan sobat pilih domain , maka tampil seperti gambar dibawah ini :



Setelah tampil list atau daftar domain yang sobat miliki pilih salah satu domain dengan mengklik Kelola Domain

B. Mengelola Domain

Dengan mengklik kelola domain akan di direct ke halaman pengaturan domain, Seperti gambar dibawah ini :


nah setelah di dalam menu pengaturan domain , sobat akses tab menu DNS MANAGEMENT , menu tab dapat dilihat di lingkaran hijau dan terdapat lingkaran merah. selanjutnya ..

C. Metode atau cara menghubungkan.
Ya, metode atau cara menghubungkan ada 2 cara :

  1. Menambahkan dengan cara manual (Lingkar biru Add Record), artinya sobat harus setting dan mengisi beberapa form ,intinya ribetlah bagi pemula seperti saya. nah maka dari itu saya menggunakan cara yang ke 2 yaitu
  2. Mengalihkan dengan otomatis , nah cara ini yang saya sarankan untuk sobat sekalian ya. bagaimana caranya ? next lanjut,,
D. Blogspot
sobat klik tombol blogspot maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


munculan dialog box seperti gambar diatas , dimana sobat akan diminta memasukan DOMAIN dan VALUE atau nilainya.

Nah dimanakah kita akan mendapatkan domain dan value untuk mengisi form tersebut ? , oke kita mendapatkan domain dan values tersebut pada blog kita , maka dari itu sobat akseslah blog sobat terlebih dahulu dan ikuti langkah langkahnya.

selanjutnya ..



nah di atas adalah tampilan blogger saya, itu tampilan terbaru 2021 ya sobat, karena tampilan lama tidak sama dengan tampilan saat ini. selain dari segi tampilan yang berubah juga penempatan dan akses menu menunya juga mengalami perubahan.

oke, setelah di blogger sobat klik menu SETTING lingkar putih nomor 1 kemudian akan tampil nama blog sobat tuh, kemudian klik Alihkan Domain lingkar putih nomor 2, jika blogger yang menggunakan bahasa inggris dapat menyesuaikan ya. next

E. Koneksikan Blogger dengan Domain.

nah, setelah sobat klik alihkan domain seperti gambar diatas akan muncul dialog box yang akan menyediakan tempat untuk meletakan nama domain sobat, isikan nama domain yang telah sobat beli sebelumnya contoh disini saya https://www.ydprog.com/  (domain yang saya beli) nah yang dimasukan adalah ydprog.com saja ingat tanpa WWW atau HTTP , jadi dimasukan nama domainnya saja.

Setelah dimasukan sobat tekan Simpan , dan akan muncul tulisan merah, itu bukan error tapi pemberitahuan, ingat sekali lagi pastikan domain yang sobat masukan benar dan itu adalah domain sonbat yang sobat beli tadi . untuk memastikan itu benar masuklah ke member area niaga hoster dan klik menu Domain maka akan tampil nama domain sobat.



jika dipastikan itu benar , Sekarang fokus pada tulisan merah perhatikan ada tulisan nama dan tujuan.
contoh, Nama : xdfsgdcfgcfgx.ggoglr.d, Tujuan : sdfdsgdf, nah sobat copy nama terlebih dahulu sampai sebelum tanda (,) jadi sampai .ggoglr.d saja kemudian akses niaga hoster lagi, oh iya yang di blogger sobat biarkan terbuka begitu saja jangan klik simpan dulu ya, akses niaga hoster seperti gambar berikut :


Nah pada bagian kotak DOMAIN isikan nama yang telah di copy dari blogger tadi pastekan atau tempel di kotak DOMAIN , kemudia balik lagi ke blogger selanjutnya copykan tujuan ke kotak VALUE di niaga hoster.

Kemudian sobat klik tombol SAVE RECORD di niaga hoster, tunggu hingga berhasil seperti gambar dibawah ini :


perhatian : jika belum berhasil ulangi langkah seperti di atas pastikan sudah muncul notif SELAMAT di niaga hoster dan kembali ke blogger dan tekan Simpan seperti gambar di bawah :



Tekan simpan, jika gagal coba terus hingga dialog box hilang dan kembali pada halaman settingan blogger.

Apakah sudah selesai ? tidak masih 1 langkah lagi yang harus sobat lakukan. berikut tahap terakhir.


Perhatikan lingkaran merah diatas :

Merah 1 : pastikan di enable atau di aktifkan, jika itu tidak di aktifkan maka domain anda tetap pada blogspot.com

Merah 2 : Pengalihan dari HTTP ke HTTPS agar domain kita terbaca domain yang aman .

Merah 3 : alihkan semua ke HTTPS, jika ada yang akses http://ydprog.com maka akan tetap di arahkan ke https://www.ydprog.com/

Jika sudah silahkan sobat beristirahat minimal 30 menit , mengapa ? ya memang sobat harus menunggu sampai proses singkronisasi selesai. jadi selama proses singkronisasi belum selesai sobat belum dapat mengakses domainnya sobat.

Gak percaya ? , oke mari kita test


Nah itulah yang tampil ketika proses sinkronisasi belum selesai, tapi tenang tidak usah risau atau panik karena itu hal yang biasa sobat, terus apa yang harus di lakukan ?

tidak ada yang dapat sobat lakukan , hanya menunggu saja heee ya sekitar 30 menit sampai 40 menit lah, kadang juga 15 menit juga sudah dapat di akses kok, jadi selamat menunggu sobat..

Perhatian : kika sobat tidak paham atau tidak mengerti tata cara atau tidak mau ribet maunya langsung jadi saja sobat minta bantuan kepada orang yang sudah pengalaman dibidangnya atau saya ada solusi nih , pesan saja di https://www.ydprog.com/ . heee


Sekian sobat.. semoga bermanfaat

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: