Tuesday, August 3, 2021

Cara mengikuti (Ujian Online) Di E-learning SMP cendekia Ambon (Akun Siswa).

  Untuk mengakses tampilan dan menu menu dalam e-learning ananda harus masuk terlebih dahulu pada e-learning pada halaman login , dengan memasukan username dan password ananda, seperti gambar dibawah ini :


Gambar 1

pastikan ananda sudah berhasil login atau masuk pada halaman utama seperti gambar berikut :


jika proses login gagal atau kembali lagi pada halaman login seperti gambar 1 ada kesalahan ananda memasukan username atau passwordnya jadi masukan ulang ya, jika tetap tidak mau masuk , segera hubungi administrator (Bapak Syamsul Yadi) dengan menyebutkan nama dan kelas, kemudian sampaikan kendalanya, contoh "Assalamu'alaikum pak yadi, saya aisyah farzanah dari kelas VIII , saya tidak bisa masuk ke e-learning katanya username atau password tidak valid".

Jika berhasil masuk ananda scroll ke bagian paling bawah melewati pengumuman dan postingan hingga ada gambar seperti berikut ini :


pada panduan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengiuti ujian online cara mengikutinya ananda cukup mengakses menu kelas dan akses materi atau pelajaran yang ada jadwal untuk hari ini .


klik menu kelas akan tampil daftar mata pelajaran seperti berikut ini :


pada daftar matapelajaran akan muncul notifikasi atau keterangan **ada ujian (Kedap Kedip) sebagai tanda bahwa matapelajaran tersebut sedang ada ujian, selanjutnya ananda klik matapelajaran yang terdeteksi ada ujian , maka akan muncul seperti dibawah ini :


nah pada bagian atas tampilan materi pada mata pelajaran yang dipilih ada tombol ikuti ujian, maka ananda klik tombol tersebut , akan tampil seperti gambar berikut ini :


nah pada tampilan yang ditampilkan setelah ananda klik ikuti ujian ada halaman untuk memasukan password ujian. Dimakah mendapatkan password ujian ? , password ujian ananda akan mendapatkan informasinya dari guru yang mengampu atau mengajar mata pelajaran tersebut. jadi ananda bisa menanyakannya langsung atau guru akan menginformasikan di grup kelas.

setalah tau password , ananda silahkan masukan password tersebut pada kolom masukan password ujian , kemudian tekan tombol ikuti ujian.


Jika muncul informasi seperti gambar diatas artinya password yang ananda masukan tidak benar atau salah, silahkan ananda masukan kembali dengan benar !

Perlu di perhatikan : Password harus sesuai dengan password yang dikirimkan oleh gurunya, perhatikan besar kecilnya huruf yang digunakan.

Jika password ananda benar maka akan masuk pada ruang ujian, seperti gambar berikut ini :



Jika muncul halaman di atas artinya ananda sudah berhasil masuk pada ruang ujian, selanjutnya harap diperhatikan pemberitahuan pada kotak berwarna hijau yang berbunyi: 

"Silahkan tulis jawaban terlebih dahulu di sebuah kertas atau media lainnya, periksa jawaban dengan seksama jika sudah yakin dengan jawaban silahkan klik tombol jawab sekarang di bawah ini. "

Nah silahkan ananda ikuti aturannya seperti yang di informasikan yakni ananda silahkan ambil selembar kertas atau oret oretan dan ananda baca soalnya kemudian catatlah jawaban pilihan ganda ananda pada kertas tersebut.

Contoh : soal nomor 1 jawabannya A , soal nomor 2 jawabannya C , soal nomor 3 jawabannya C dan seterusnya, maka catat pada kertasnya dengan :

1. A
2. C
3. C

dan seterusnya.

Nah jika sudah ananda scroll kebawah hingga soal terakhir, dibawah soal terakhir terdapat sebuah tombol JAWAB SEKARANG.



 Perhatikan pada informasi kotak merah yang berbunyi :

"Jika setelah menekan tombol jawab sekarang muncul pesan " Maaf anda tidak memiliki izin untuk mengakses halaman ini, silahkan masuk terlebih dahulu " maka masuk seperti biasa dan akses ujian dan tekan tombol jawab sekarang "

Artinya ananda jika mengalami hal tersebut silahkan ikuti sesuai petunjuk karena jika ananda terlalu lama mencatat soal akan membuat sesi masuk ke aplikasi berakhir jadi ananda silahkan masuk ulang dan lakukan seperti langkah sebelumnya untuk mengakses ujian.

Jika ternyata sesi belum berakhir maka ketika ananda mengklik tombol JAWAN SEKARANG maka akan tampil sebagai berikut :



Halaman tersbut adalah halaman untuk menjawab soal, perhatikan pada kotak hijau ada sebuah informasi yang berbunyi :

"Aisyah Farzanah (nama ananda) Jawablah dengan jawaban yang sudah di catat sebelumnya "

Artinya waktunya ananda menjawab soal setelah sebelumnya telah mencatat jawaban jawaban dari soal essay.


pilihlah jawaban dari A - E sesuai jawaban yang telah dicatat sebelumnya.

Selanjut pada bagian bawah jawaban pilihan ganda , ananda akan menjawab soal essay, jika ada soal essay dari soal ujiannya. Jika tidak ada soal essay ananda cukup menjawab soal pilihan ganda saja dan ananda langsung tekan tombol KIRIM JAWABAN.

Soal essay akan tampil sebagai berikut :


nah jika ada soal essay, ananda langsung jawab soal essay tersebut pada kolom yang berketerangan "Tulis jawaban nomor 1 disini " , nomor disebutkan sesuai nomor soal pada soal essat.

Setelah dijawab semuanya maka ananda tekan tombol KIRIM JAWABAN .


Setelah jawaban dikirim maka akan muncul halaman seperti gambar diatas, artinya ananda sudah berhasil mengikuti ujian. dalam halaman itu pula ananda juga sudah dapat mengetahui nilai yang di dapat ananda, namun nilai tersebut akan bertambah jika guru sudah mengoreksi jawaban soal essay ananda (jika ada soal essay), jika tidak ada soal essay (hanya pilihan ganda pada ujian) maka nilai tersebut adalah nilai akhir ujian ananda.

kemudian ananda tekan tombol SELESAI untuk keluar dari ruang ujian.

Jika ananda ingin tau nilai terupdate maka ananda lakukan langkah untuk mengikuti ujian di atas kemudian klik IKUTI UJIAN , maka akan tampil seperti gambar berikut ini :


Artinya ananda sudah selesai mengikuti ujian dan sudah mendapatkan nilai.

Demikian informasi tentang Cara mengikuti (Ujian Online) Di E-learning SMP cendekia Ambon (Akun Siswa).

Perhatian : di atas adalah data dummy atau bukan data yang sebenarnya , gambar dan data tersebut hanya digunakan untuk keperluan pembuatan panduan.

Terimakasih ..


TTD : Syamsul yadi

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: