Sunday, August 21, 2022

Memperbaiki keyboard yang gangguan dan mengetahui penyebabnya

 Fitur keras atau perangkat keras yang paling berarti pada laptop/ pc ialah keyboard. Tetapi terdapat kalanya kala lagi asyik bermain permainan, mengerjakan tugas ataupun mengurus pekerjaan tombol pada keyboard mati. Sehingga butuh metode membetulkan keyboard komputer supaya dapat digunakan lagi. Perlengkapan elektronik memanglah kerap sekali hadapi error ataupun konslet sama halnya dengan keyboard. Pekerjaan hendak tertunda bila fitur keras yang satu ini tiba- tiba mati ataupun eror. Tetapi jangan takut, pada ulasan kali ini Kamu hendak menciptakan solusinya.


Pemicu Keyboard Error Serta Tidak Berfungsi

Saat sebelum membetulkan keyboard yang rusak paling tidak Kamu telah mengenali pemicu keyboard error serta tidak berperan. Penyebabnya dapat saja sebab hal- hal berikut ini:

1. Keyboard Kotor

Debu dapat menimbulkan keyboard kotor, perihal ini dapat jadi pemicu keyboard rusak ataupun eror. Tidak hanya itu jangan makan di dekat laptop sebab sisa santapan dapat saja jatuh di atas keyboard sehingga membuat keyboard kotor.

Maka sobat rajin rajin membersihkan  keyboard ya, membersihkan keyboard jangan sampai menggunakan air, menghindari terjadinya masuknya air kedalam keyboard. Saya sarankan dapat menggunakan tenaga angin seperti alat pembersih debu yang banyak dijual dipasaran yang hanya daapat ditekan dengan tangan saja.

Seperti gambar berikut :


2. Kerusakan Hardware

Salah satu yang jadi pemicu papan ketik ataupun keyboard rusak serta tidak dapat digunakan merupakan permasalahan hardware yang tersendat. Salah satu kendala itu ialah kondisi keyboard yang longgar menunjukkan tombol sulit digunakan. 


Kerusakan paling sering terjadi diakibatkan keteledoran pengguna itu sendiri, misalkan laptop dalam kondisi baterai terisi penuh kemudian tidak pernah dinyalakan minimal 3 hari maka banyak kejadian keyboard anda akan gangguan. Jadi sebisa mungkin bagi anda laptop dinyalakan setiap hari, jika sibuk dinyalakan sekitar 5 menit lalu matikan lagi.

3. Software Error

Permasalahan yang bisa jadi membuat keyboard tidak bisa berperan ialah aplikasi yang tidak sesuai dengan keyboard.

Ada beberapa kesalahan terkadang disebabkan oleh software misalkan jenis bahasa input keyboard dapat menyebabkan keyboard tidak sesuai dengan apa yang kita ketik dan apa yang ditampilkan layar monitor kita.

4. Terserang Air

Air jadi perihal yang diwaspadai oleh beberapa barang elektronik tercantum laptop, laptop yang terserang air hendak hadapi kendala serta error. Keyboard yang tersiram air hendak hadapi permasalahan semacam mati di sebagian tombol. Oleh sebab itu kamu wajib berjaga- jaga kala meletakkan laptop ataupun Komputer, upayakan ditempat yang kering serta bebas dari bahaya air pemicu korslet.

Percikan air sangat berpengaruh pada alat alat elektronik karena air dapat masuk pada sela sela keyboard.

Metode Membetulkan Keyboard PC atau Laprop

Keyboard rusak sangat mengusik pekerjaan, pekerjaan jadi terhambat sebab permasalahan yang satu ini. Sesungguhnya terdapat sebagian metode yang dapat kamu jalani buat membetulkan keyboard yang rusak tersebut. Tetapi bergantung dengan tingkatan kerusakannya, berikut ini metode membetulkan keyboard komputer yang rusak:

1. Mengecek Tombol Num Lock

Perihal yang awal kamu jalani buat ketahui pemicu keyboard tiba- tiba tidak dapat digunakan ialah dengan mengecek num lock. Num Lock berperan selaku keypad numerik pada keyboard, kamu dapat tidak terencana mengaktifkan tombol ini sehingga keyboard tidak berperan. Kamu dapat menonaktifkan Num Lock dengan metode klik tombol Fn dengan campuran tombol“ NumL” tekan secara bersama- sama.

2. Restart atau muat ulang Pc/  Laptop anda

Berikutnya yang dapat kamu jalani ialah me- restart pc ataupun laptop kamu. Umumnya metode ini digunakan buat membongkar bermacam kasus yang terjalin pada laptop ataupun pc.

3. Melaksanakan System Restore atau kembali ke pengaturan semula.

Bila metode diatas masih tidak dapat mengembalikan guna keyboard hingga kamu butuh melaksanakan system restore. Triknya ialah klik Start Menu setelah itu tuliskan“ Recovery”. Metode yang dapat dicoba di windows XP ialah tekan Start setelah itu seleksi All Program sehabis itu Accessories serta tekan System Tools setelah itu seleksi“ System Restore”.

4. Membetulkan kesalahan pada Driver Keyboard

Berikutnya tabah serta berupaya cek driver keyboard, dapat jadi permasalahan berasal dari perihal tersebut. Cek pada Device Manager di bagian Keyboard. Driver Manager bermasalah bila ada segitiga kuning pada layar monitor. Buat menghilangkannya kamu butuh unduh serta menginstall driver di web laptop ataupun pc kalian.

5. Mengecek Pengaturan Keyboard pada sistem.

Cek pengaturan keyboard dengan metode seleksi start menu

Control panel, 

Ease of access,

Make the keyboard easier to use,

Klik set up filter key

uncheck all.

6. Perbaiki ke teknisi yang mahir dibidangnya.

Jika tidak mau ribet anda bisa langsung membawa perangkat anda ke teknisi atau tempat servis. Mereka yang lebih tau dan yang terbaik untuk perangkat anda. Pada beberapa kasus keyboard tidak dapat di perbaiki namun teknisi akan menyarankan anda untuk mengganti keyboard.


Sesungguhnya masih terdapat banyak perihal yang bisa jadi jadi pemicu keyboard hadapi permasalahan serta metode membetulkan keyboard komputer di atas cuma sebagian triknya. Coba serta perhatikan perihal tersebut mudah- mudahan sukses. 

Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: